sss

Tips Cerdas Merawat dan Membersihkan Alat Dapur

Mengoleksi alat dapur yang banyak dan lengkap akan memudahkan Anda ketika memasak. Namun banyaknya alat dapur yang kita miliki, tentunya menuntut perhatian yang ekstra pada Anda untuk merawat dan menjaga kebersihannya.  Merawat dan menjaga kebersihan alat dapur sangat penting dilakukan, karena dengan alat-alat itulah Anda akan mengolah aneka bahan makanan bernutrisi untuk keluarga tercinta. Bayangkan jika alat dapur Anda tidak higienis, tentulah beragam penyakit akan mengancam kesehatan Anda dan keluarga. (baca : waspadai bahaya penyakit ain pada bayi)
Merawat dan membersihkan alat dapur tentulah tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi harus disesuaikan dengan jenis dan bahan pembuatan alat dapur tersebut, misalnya : merawat dan membersihkan alat dapur dari kayu tentulah tidak sama dnegan membersihkan alat dapur dari bahan stainless stell. Nah, agar mudah mempraktikkannya, simak tips cerdas merawat dan membersihkan  alat dapur Anda berikut ini :( Baca Resep Teri Nasi Basah Dadar Telur)

1.    Wajan atau pan

Sebelum menggunakan wajan baru, oleskan minyak goreng di bagian bawah agar tidak mudah berkerak atau melindungi warna aslinya. Jangan merendam wajan/pan setelah  digunakan, tapi usahakan langsung mencuci hingga bersih. Apabila wajan digunakan untuk memasak bumbu yang pekat atau amis, siram dnegan air panas terlebih dahulu sebelum mencucinya. Setelah bersih, lap wajan lalu simpat di tempat yang tergantung. (Baca juga : Tips membersihkan panci gosong)

2.    Panci

Pada dasarnya, cara membersihkan panci hampir sama dengan wajan. Langsung cuci hingga bersih setelah pemakaian. Oiya, gunakan api dnegan nyala sedang agar panci tidak mudah gosong atau berkerak. Namun ketika mendapati panci gosong atau berkerak, bersihkan dengan cara : campurkan baking soda dan air, lalu oleskan secara merata pada panci gosong/berkerak. Diamkan beberapa jemit lamanya, barulah Anda bisa mencucinya hingga bersih. (baca juga : tips dan trik jitu memasak)

3.    Kompor Gas

Selalu bersihkan kompor setelah selesai memasak, terutama sisa minyak yang menempel dan remah-remah makanan pada lubang keluarnya api. untuk bekas cipratan minyak, Anda bisa membubuhkan tepung, lalu mengelap hingga bersih.

4.    Talenan

Setelah memakai talenan untuk memotong  daging, ikan, ayam, maka segera oleskan jeruk nipis untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel, setelah itu siram dengan air panas, lalu cuci seperti biasa hingga bersih, kemudian simpan ditempat yang kering dan bersih. (Jurus ampuh menaklukkan hati dan dompet suami)

5.    Pisau

Agar pisau Anda tetap awet dan tajam, maka setelah menggunakan pisau, segera cuci hingga bersih dan mengelapnya menggunakan tissue atau handuk hingga  kering. Setelah kita menggunakan pisau, segera cuci sampai bersih. Jangan lupa meletakkan pisau dalam tempat khusus pisau. (Baca kisah menarik : Ketika suami poligami, sanggupkah aku?)

6.    Mixer dan blender

Segera cuci bersih setelah menggunakan blender atau mixer, misalnya gelas/wadah, sendok pemutar, dan lain sebagainya.  Untuk alat blender atau mixernya cukup mengelap dengan tissue basah atau lap basah hingga bersih. Lalu keringkan dengan lap kering dan simpan kembali ke tempatnya.

7.    Gunting

Segera cuci hingga bersih setelah digunakan, lalu lap hingga kering dan simpan. Apabila gunting Anda terasa tumpul, gunakan untuk menggunting amplas berkali-kali, dijamin akan tajam kembali. (Baca : Anak SD hamil, kenapa kaget?)

8.    Alat Makan dari plastik

Alat makan dari plastik akan membuat bau dan kotoran lebih menempel erat dan susah dibersihkan. Untuk itu rendamlah alat makan dengan air bercampur baking soda selama 10 menit. Baru dech Anda bisa mencucinya dengan sabun seperti biasa. Jangan lupa mengelap hingga kering sebelum disimpan.
Dengan menerapkan tips-tips diatas, dijamin alat masak Anda tidak hanya bersih dan enak dilihat, tapi juga lebih awet. Semoga tips cerdas merawat dan membersihkan alat dapur diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »