sss

Tips Mengolah dan Menyimpan Santan Agar Tetap berkualitas dan Tidak Mudah Basi

Santan, siapa sich yang tidak mengenal cairan putih kental yang merupakan hasil perasan kelapa parut. Santan biasa dijadikan sebagai campuran makanan atau minuman, karena memberikan cita rasa gurih dan nikmat. Nah, sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara mengolah santan, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis santan, yakni :(Resep aneka sambal yang nikmat)
1.    Santan Kental, santan yang merupakan hasil perasan pertama dari kelapa parut yang agak tua.
2.    Santan Encer, santan yang lebih encer dan bening dibandingkan santan kental, umumnya merupakan hasil perasan terakhir atau bisa juga kelapa parut yang diperas dengan air dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. (Tips menghilangkan bau amis ikan)
3.    Santan Instan, santan yang sudah dikeringkan sehingga berbentuk serbuk. Apabila ingin menggunakan, kita tinggal menambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan.
Sudah tahu kan, apa saja jenis-jenis santan.  Nah, sekarang Anda bisa simak informasi tentang santan yang lainnya.

Cara mendapatkan santan yang banyak

Ternyata untuk mendapatkan santan yang banyak tidak mudah. Anda harus mengetahui jenis kelapa yang paling bagus untuk santan dan cara memerasnya. Pilihlah kelapa yang agak tua, karena umumnya santannya akan lebih banyak dibandingkan yang muda atau yang tua. Setelah diparut, Anda bisa memerasnya menggunakan air hangat. Dengan demikian santan akan lebih mudah keluar dan hasilnya pasti akan lebih kental dan banyak.(Tips agar tidak mennagis saat mengiris bawang)

 Mengolah Santan agar hasilnya Sempurna dan tidak pecah

Mengolah masakan bersantan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena salah pengolahan justru membuat makanan tidak nikmat dan penampilannya tidak menarik, misalnya santan menjadi pecah, berminyak, dan lain sebagainya. Untuk itu, simak tips mengolah santan berikut :
•    Jangan memasak santan terlalu lama agar tidak berminyak
•    Masak santan dalam api kecil dan aduk-aduk hingga mendidih agar tidak pecah
•    Agar tidak pecah dan tidak perlu mengaduk, Anda bisa masukkan daun pisang kedalam rebusan santan. Masak dengan api kecil, ketika mendidih segera matikan apinya.
•    Agar kualitas dan kekentalan santan tetap terjaga, masukkan santan kental pada saat terakhir

Menyimpan Santan agar tidak cepat basi

Selain memperhatikan cara mengolah santan yang benar, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan santan. Karena proses penyimpanan yang tidak benar akan membuat santan berlendir, berbusa atau basi. Sayang banget khan? Nah, agar kualitas santan tetap baik, simak cara menyimpan yang baik berikut :
•    Masak santan seperti biasa
•    Masukkan satu buah cabai merah kedalam santan atau bisa juga sedikit garam
•    Masukkan santan kedalam wadah tertutup, kemudian simpan santan ke dalam kulkas.
•    Jangan mengaduk/mengocok santan yang baru dihangatkan atau disimpan, karena dapat membuat santan bau
Semoga informasi tentang cara mengolah dan menyimpan santan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »