sss

Tips Praktis Memakai dan Membersihkan Alat masak dari Teflon Agar Awet

Untuk mendapatkan hasil masakan yang sempurna, tentu Anda akan memilih alat masak yang berkualitas baik, bukan? Alat masak dari teflon seringkali dipilih karena memudahkan proses memasak, praktis, tidak membuat masakan lengket, dan penampilannya lebih enak dilihat. (Tips memasak lainnya)
Meskipun demikian, Anda tidak bisa memperlakukan alat masak dari teflon dengan seenaknya sendiri. Karena salah pemakaian atau perawatan justru akan merusak lapisan teflon, membuatnya tergores, terkelupas, membuat hasil masakan tidak sempurna, dan dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengatasinya, simak tips mudah memakai dan membersihkan alat masak terbuat dari teflon berikut ini :

Gunakan pengaduk masakan dari kayu atau pengaduk khusus untuk teflon

Mengaduk menggunakan bahan logam/stainless dapat menggores permukaan teflon, karenanya pilih pangaduk khusus untuk teflon atau dari bahan kayu yang aman. (Resep aneka sambal enak)

Atur suhu api yang tepat

Gunakan api rendah atau sedang saat memasak menggunakan alat masak dari teflon, karena suhu tinggi dapat membuat senyawa kimia dalam teflon menguap dan meracuni masakan (Tips kesehatan yang oke)

Jangan langsung mencuci alat masak teflon seusai digunakan

Setelah memasak, diamkan alat masak dari teflon hingga dingin, kemudian baru Anda bisa mencucinya. Mencuci langsung teflon yang panas dapat membuat lapisan anti lengketnya mengelupas. (Artikel islami yang ringan dan menginspirasi)

Gunakan sabun dan spon yang lembut

Ketika mencuci alat masak dari teflon, Anda harus menggunakan sabun dan spon yang lembut agar tidak menggores lapisan teflon.    (Kisah-kisah inspiratif dan mengharukan)

Jaga kelembaban alat masak dari teflon

Setelah selesai dicuci, Anda bisa mengeringkannya dnegan tissu atau lap berbahan lembut. Setelah itu, olesi dengan minyak agar kelembabannya tetap terjaga.

Proses penyimpanan yang benar

Proses penyimpanan alat masak dari teflon juga harus benar. Jangan mencampur dengan alat masak berbahan logam, karena dapat menggores lapisan teflon. Jadi, simpan dnegan cara digantung agar tidak bersentukan dengan alat dapur lainnya

Segera ganti jika teflon rusak/mengelupas

Lapisan teflon yang mengelupas atau banyak goresan dapat mengurangi kualitas masakan juga membahayakan kesehatan. Karena itu, segera ganti alat masak Anda dengan yang baru.
Semoga tips diatas dapat membantu Anda dalam menjaga dan merawat alat masak Anda yang terbuat dari teflon. Selamat mencoba!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »