sss

Tips Cerdas Mengatasi Masakan yang Terlalu Pedas

Pernahkah kalian membuat masakan yang pedas? Rasa pedas memang dapat menambah citarasa dan kelezatan makanan, sehingga tak heran jika ada yang mengatakan bahwa rasa pedas menjadi salah satu cara meningkatkan nafsu makan. Meskipun demikian, jika pedasnya berlebihan tentulah sangat tidak baik bagi kesehatan pencernaan. Selain cabe, ada bahan lain yang dapat mendatangkan sensasi rasa pedas, misalnya lada, saus cabe, dan lain sebagainya.
Ketika memasak, pastilah seseorang pernah mengalami insiden kecil yang membuat masakan terasa kurang pas, misalnya : salah menakar cabe/lada/saus, sehingga masakan menjadi terlalu pedas. Bagi penyuka masakan pedas sich tidak akan ada masalah ketika menyantap makanan, tapi bagaimana dengan yang tidak menyukainya. Eits, jangan bingung, simak tips-tips mengatasi makanan yang terlalu pedas berikut ini yaa :

Menambahkan Rasa Asam

Ketika mengalami insiden kecil akibat salah menakar cabe/lada yang membuat masakan terlalu pedas, Anda bisa menambahkan bahan yang memberikan rasa asam. Karena rasa asam bisa membantu menurunkan rasa pedas. Rasa asam bisa kita dapatkan dari beberapa bahan, misalnya : perasan jeruk, irisan tomat, potongan nanas, cuka, dan lain sebagainya.

Menambahkan potongan Sayuran

Ketika mendapati masakan berkuah terlalu pedas, Anda bisa menambahkan potongan sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang ampuh menyerap rasa pedas karena kandungan gula alami yang ada didalamnya, antara lain : kentang, wortel, timun, brokoli, dan sebagainya.

Tambahkan rasa manis

Cara lain yang juga ampuh meredakan rasa pedas pada masakan adalah menambahkan rasa manis. Anda bisa menambahkan gula pasir, gula merah, atau madu pada masakan. Tapi penambahannya harus seimbang ya, jangan sampai masakan Anda jadi tidak menarik gara-gara rasanya terlalu manis.

Tambahkan air kaldu

Ketika mendapati masakan terlalu pedas, jangan panik karena Anda bisa menetralisir rasa pedas dengan menambahkan air kaldu. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan ya, karena bisa jadi  membuat masakan Anda menjadi hambar.

Tambahkan produk olahan susu

Selain bahan yang disebutkan diatas, ada lagi bahan yang membantu menetralisir rasa pedas masakan, yakni produk olahan susu (yogurt, keju) atau susu itu sendiri. Tambahkan secukupnya kedalam masakan, niscaya masakan akan berkurang tingkat kepedasannya.

Tambahkan kacang-kacangan

Selain dapat menyerap rasa pedas, kacang-kacangan juga menambah sensasi rasa gurih dalam masakan. Karena itu, ketika mendapati rasa terlalu pedas pada masakan, Anda bisa memilih beberapa jenis kacang-kacangan untuk mengatasinya, misalnya : kacang tanah, kacang polong, kacang buncis, dan lain sebagainya.

Menambah porsi masakan

Ketika terlanjur mengolah makanan terlalu pedas, Anda bisa menambah porsi masakan. Tapi agar rasanya sempurna, Anda juga harus menyeimbangkan dengan menambahkan bumbu lainnya yaa. Tapi jangan menambahkan bahan yang mengundang rasa pedas lagi ya, misalnya : merica, cabe, dan saus.
Semoga Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Pedas diatas dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam mengolah dan menyajikan makanan untuk keluarga. Selamat memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »