sss

Trik Cerdas Menggoreng Tanpa Banyak Minyak

Dewasa ini, penyakit mudah sekali menyerang seseorang yang diakibatkan oleh makanan. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak makanan yang mengandung zat kimia berbahaya, misalnya pewarna, pengawet, MSG, dan pemanis. Oleh karena itu, memasak sendiri dinilai paling aman dibandingkan membeli makanan jadi atau makanan instan.
Ngomongin soal makanan, kita semua pasti tahu bahwa salah satu kunci makanan sehat terletak pada cara pengolahannya. Menggoreng bahan makanan menggunakan minyak termasuk satu hal yang tidak bisa dihindari. Namun cara pengolahan dengan menggoreng seringkali mendatangkan masalah, antara lain :
•    Meningkatkan jumlah kalori
•    Bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular, minyak goreng merupakan momok yang menakutkan
*  Membuat kulit berminyak dan masalah kulit lainnya
•    Mengonsumsi makanan gorengan terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya
Nah, besarnya bahaya mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, maka kita harus mulai membiasakan diri menggoreng makanan dengan minyak secukupnya saja. Memangnya bisa? Untuk itu, simak dech trik cerdas menggoreng tanpa banyak minyak berikut ini :

Gunakan wajan atau pan anti lengket

Menggoreng atau memanggang menggunakan wajan atau pan anti lengket akan membantu Anda meminimalisir penggunaan minyak. Meski demikian, Anda tidak boleh menggunakan panas api lebih dari 260 derajat celcius agar makanan tetap terjaga kualitasnya dan terhindar dari pelepasan uap beracun dari lapisan wajan/pan anti lengket Anda.

Mengukus dahulu makanan yang akan digoreng

Agar proses menggoreng tidak membutuhkan waktu lama dan banyak minyak, maka Anda bisa mnegukus terlebih dahulu bahan makanan yang akan digoreng, misalnya : sayuran, umbi-umbian, dan lain sebagainya. Dengan cara itu, dijamin acara menggoreng akan lebih singkat, pemakaian minyak jauh lebih irit, dan lebih sehat.

Menambahkan sedikit air

Ada beberapa bahan makanan yang ketika digoreng justru menyerap minyak. Daripada Anda harus terus menambahkan minyak, kenapa tidak mencoba menambahkan sedikit air. Jadi makanan tersebut bisa cepat empuk dan matang meskipun tanpa harus menambahkan banyak minyak.

Menutup Rapat Penggorengan atau pan

Menggunakan tutup ketika mengolah makanan akan membantu mempercepat proses pengempukan makanan, misalnya ketika menumis sayuran, membakar ikan dengan pan, dan lain-lain. Jadi meskipun tidak menggunakan banyak minyak, makanan tetap bisa empuk sempurna dan nikmat.
Semoga informasi yang tersaji diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan buat kita semua yaa.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »