sss

Tips Menghilangkan Aroma Aneh pada Jamur tiram Putih

Jamur Tiram putih merupakan salah satu alternatif lauk pengganti bagi siapapun yang merasa bosan dengan olahan ayam, ikan, atau daging. Selain kandungan gizinya yang tinggi, jamur juga memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera. Di tangan orang yang ahli, jamur tiram bisa disulap menjadi aneka hidangan lezat. Berbagai olahan dari jamur diciptakan mulai dari kripik jamur, oseng jamur, botok jamur, dan lain sebagainya.

Salah satu kendala dalam mengolah jamur yang enak adalah bau aneh yang terdapat pada jamur. Bau khas yang mirip kayu tersebut membuat beberapa orang enggan mengolah dan mengonsumsi jamur. Sayang sekali bukan, hanya karena masalah sepele, Anda harus rela mengabaikan jamur tiram putih yang kaya gizi.
Sebenarnya apa sich kelebihan jamur tiram ini? Jamur tiram merupakan bahan makanan yang memiliki penyedap alami sehingga tanpa perlu tambahan bumbu apapun, olahan jamur akan tetap nikmat disantap. Selain itu, jamur mengandung nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat jamur untuk kesehatan, yakni melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit dan infeksi. Hal itu karena dalam jamur terkandung protein, mineral, vitamin, asam amino, antibiotik alami dan juga antioksidan. Wow… banyak sekali zat-zat penting yang ada dalam jamur.  Nah, alangkah sayangnya jika gara-gara rasa aneh pada jamur, kita harus melewatkan makanan bernutrisi ini. Untuk mengatasinya, simak Tips Menghilangkan Aroma Aneh pada Jamur tiram Putih berikut ini :

Pilihlah jamur tiram putih yang masih baru dan segar

Agar olahan jamur lebih nikmat, pastikan Anda memilih jamur yang baru dan segar. Ciri-ciri jamur masih baru dan segar, antara lain : berwarna putih bersih, tidak berair, bentuknya masih mekar sempurna.

Cuci jamur hingga bersih

Sebelum diolah, Anda harus mencuci jamur hingga bersih. Jangan lupa buang bagian pangkal jamur (akar), karena bagian tersebut yang memiliki aroma aneh paling kuat.

Rendam jamur ke dalam air garam

Merendam jamur pada air garam selama 10 menit akan membantu memastikan jamur dalam kondisi higienis dan bebas dari serangga/kotoran.

Kukus sebentar

Setelah dicuci dan ditiriskan, Anda bisa mengukus jamur dalam waktu 5-10 menit. Mengukus akan membantu menghilangkan bau aneh pada jamur. Selain mengukus, Anda juga bisa merebus jamur sebentar, baru kemudian memeras agar baunya larut dalam air.

Direndam dalam air hangat

Jika ingin yang praktis dan cepat, Anda bisa merendam jamur ke dalam air hangat selama 5 menit, lalu buang airnya dan peras hingga airnya hilang. kemudian masak jamur sesuai selera.
Setelah selesai dikukus, Anda bisa mengolah jamur sesuai selera. Bagaimana, mudah banget khan? Yuk, konsumsi jamur tiram putih karena didalamnya terdapat khasiat yang besar untuk kesehatan. Semoga informasi tentang tips menghilangkan aroma aneh pada jamur tiram putih diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Selamat Mencoba!!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »