Loading...
sss

Tips Cara Mudah Membedakan Lengkus, Kunyit, Jahe, Kencur, Temu Kunci, dan Temulawak

DapurOnlineku - Pernah bingung membedakan mana lengkuas, kunyit, Jahe, Kencur, Temu Kunci, dan Temulawak?  Merasa bingung sich biasa, karena bahkan masih banyak wanita yang belum tahu beberapa nama bumbu dapur tersebut.  Sebenarnya bukan hal yang aneh sich kalau banyak yang bingung dan sulit membedakan semua jenis temu-temuan tersebut, karena dari bentuknya memang hampir mirip.  Meski hampir sama namun bukan berarti semua sama ya, karena antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan, baik dari nama, aroma, rasa, maupun fungsinya.  Jangan Takut Gagal! Ini 5 Tips Masak Sayur Asem Enak dan Segar
beda kunyit, jahe, dan lainnya
Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka bingung dalam membedakan mana Lengkus, Kunyit, Jahe, Kencur, Temu Kunci, dan Temulawak? Sebaiknya simak penjelasan tentang apa sich perbedaan antara Lengkus, Kunyit, Jahe, Kencur, Temu Kunci, dan Temulawak berikut ini : Enak dan Mudah Buatnya, Ini Resep Cara Buat Martabak Telor yang Juara Banget

1.    Jahe

Jahe termasuk temu-temuan yang lumayan mudah dikenali, baik dari aroma, rasa maupun bentuknya. Bentuk jahe mirip ruas jari manusia dan aromanya sangat harum, karena itu tak mengherankan jika dia biasa dijadikan campuran minuman kesehatan, seperti ronde, angsle, wedhang jahe, dan lainnya. Selain itu, jahe memiliki rasa pedas yang menghangatkan tubuh. Jika diiris, jahe memiliki warna kuning kehijauan dengan serat di bagian pinggirnya.

2.    Lengkuas

Lengkuas biasa disebut laos yang memiliki bentuk kulit yang kasar berserat. Jika diiris, daging laos lebih keras. Laos biasa digunakan untuk bumbu masak atau bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

3.    Kunyit

Kunyit atau kunir paling mudha dikenali karena memiliki warna orange dengan tekstur renyah dan mudah diiris. Kunyit bisa dijadikan bumbu masak atau campuran minuman kesehatan.

4.    Kencur

Kencur memiliki bentuk lebih kecil dan aroma yang menyegarkan. Warna kencur putih dan tekstur yang lebih lembut/mudah dihancurkan.

5.    Temu Kunci

Temu kunci memiliki bentuk kecil memanjang, kadangkala bergerombol. Temu kunci memiliki aroma yang harum sehingga enak untuk menyedapkan sayur bayam/bening atau bis ajuga untuk jamu.

6.    Temulawak

Temulawak memiliki bentuk hamper mirip dnegan kunyit, hanya saja warnanya yang berbeda. Warna temulawak cenderung kuning kehijauan hamper mirip jahe. Untuk aroma lebih soft tapi lumayan segar sehingga tak heran jika banyak digunakan untuk jamu-jamuan/minuman kesehatan.
Hem, sudah tahu khan bagaimana cara membedakan nama-nama Lengkus, Kunyit, Jahe, Kencur, Temu Kunci, dan Temulawak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Newest
Previous
Next Post »
Loading...