sss

Tips Membuat Masakan Gurih Tanpa Tambahan MSG/Vetsin

Kebanyakan orang suka dengan masakan yang memiliki rasa gurih dan lezat. Namun sayangnya untuk mendapatkan rasa gurih tersebut, mereka memilih menambahkan aneka penyedap instan pada masakannya. Penambahan penyedap instan memang praktis dan akan langsung memberi efek gurih pada masakan. Namun penggunaan penyedap instan yang terus menerus tentulah sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan otak. (BAca : Tips keren memasak lainnya )
Meskipun dampak buruk penggunaan penyedap instan masih menjadi berdebatan, namun secara logika saja kita bisa berpikir bahwa penyedap instan tersebut mengandung bahan kimia yang apabila digunakan secara berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita memilih cara aman dan mudah untuk menyedapkan masakan. Bagaimanakah caranya? Simak beberapa tips membuat masakan gurih tanpa tambahan MSG/vetsin berikut ini :

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya mampu memberi rasa gurih pada masakan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cara melezatkan masakan dengan bawang putih, yakni : 1) cincang bawang putih, lalu ditumis dan dimasukkan kedalam masakan, 2) menghaluskan bawang putih, menumis, dan menambahkan kedalam masakan, 3) diiris tipis, lalu digoreng, dan ditaburkan kedalam masakan. (BAca aneka olahan ayam tanpa MSG)

Jamur

Jamur terkenal memiliki kandungan penyedap alami didalamnya, sehingga akan membuat masakan Anda terasa lezat meskipun tanpa tambahan MSG. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan jamur kedalam beberapa olahan, seperti : sop, tumis, pepes, semur, dan lain sebagainya.

Gula Pasir

Untuk menambah rasa sedap pada masakan, Anda bisa juga menambahkan gula pasir pada masakan. Jadi setelah diberi garam, Anda bisa menaburkan gula dengan jumlah setengah dari garam. Dengan demikian rasa gurih masakan akan terasa meskipun tanpa penyedap instan. (Aneka olahan ikan tanpa MSG)

Keju parmesan

Anda juga bisa menambahkan keju parmesan pada masakan, terutama pasta. Dengan demikian, masakan tidak hanya lezat tapi juga gurih alami tanpa tambahan penyedap. Ikan teri
Penggunaan ikan teri sebagai penyedap masakan sudah dilakukan sejak berabad-abad lamanya. Cara menggunakannya adalah, dengan menggoreng teri sampai kering, lalu dihaluskan dan ditaburkan pada aneka masakan. (Aneka resep sayur tanpa MSG)

Saus tomat

Penggunaan saus tomat akan memberikan efek gurih dan menyedapkan masakan. Selain itu, saus tomat juga membuat masakan lebih kental dan berwarna menarik. Karena itu, tidak ada salahnya Anda gunakan saus untuk melezatkan aneka masakan tumisan Anda.(Cara membuat Saus Tomat yang Enak dan Mudah)

Kaldu daging

Penggunaan kaldu daging akan membuat rasa masakan semakin gurih dan kuat, terutama untuk masakan kuas atau tumis. Karena itu, tambahkan kaldu buatan sendiri pada aneka maskaan Anda agar lebih gurih dan sehat.

Kacang polong

Penambahan kacang polong pada masakan bukan tanpa tujuan loh. Selain mempercantik warna masakan, kacang polong juga menambah rasa gurih pada masakan.

Udang atau Ebi

Udang segar atau udang kering memiliki penyedap rasa alami didalamnya sehingga sangat cocok untuk menambah rasa gurih dan sedap pada masakan. 
Semoga informasi tentang Tips Membuat Masakan Gurih Tanpa Tambahan MSG/Vetsin diatas dapat menginspirasi Anda dalam menciptakan masakan yang tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan keluarga Anda. Selamat memasak!!

Tags : cara membuat micin alami, apakah masako dan royco mengandung msg, merek penyedap rasa tanpa msg, penyedap rasa buatan sendiri, contoh penyedap rasa alami, penyedap rasa alami untuk bayi, penyedap rasa dari jamur, cara membuat penyedap rasa dari jamur
Loading...
loading...
Previous
Next Post »