sss

Enam Bumbu Sehat dan Berkhasiat yang Wajib Ada Di Dapur

Menjaga pola hidup sehat harus dilakukan sejak dini agar tubuh selalu sehat dan pastinya terhindar dari ancaman penyakit. Selain memilih bahan makanan yang segar dan sehat bernutrisi, Anda harus memastikan selalu menggunakan bumbu-bumbu yang sehat dan juga berkhasiat. Jangan hanya alasan nikmat dan praktis saja, lantas Anda lebih memilih bumbu-bumbu instan yang tidak jelas bahan dan juga higienitasnya.  Alangkah percuma jika bahan makanan yang tadinya sehat dan berkualitas menjadi berbahaya hanya karena bercampur dengan bumbu-bumbu instan yang tidak jelas tersebut.
Lalu bagaimana jika ingin acara masak menjadi cepat dan praktis? Jika ingin waktu memasak lebih cepat dan praktis, Anda bisa memanfaatkan bumbu dasar (Apa itu Bumbu Dasar? Simak dalam artikel DISINI). Dengan bumbu dasar, Anda tidak perlu ribet meracik atau mengulek bumbu, cukup siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan tinggal masak dech. Agar hasil masakan Anda jadi sempurna, selain bumbu dasar merah, kuning dan putih, Anda wajib  menyediakan beberapa bumbu tambahan lain. Apa sajakah itu? Simak Enam Bumbu Sehat dan Berkhasiat yang Wajib Ada Di Dapur berikut ini :
bumbu dapur (sb. gambar : www.sinarharapan.co)

1.    Cuka

Cuka termasuk satu bumbu sehat yang wajib ada di dapur. Manfaat cuka sangat banyak, diantaranya : mengurangi bau amis ikan/ayam, menambah rasa segar pada masakan, menyegarkan sayuran, mengempukkan daging dan masih banyak manfaat lainnya. (Manfaat Cuka Untuk Kesehatan)

2.    Jeruk Nipis/lemon

Bumbu lain yang wajib ada di dapur Anda, adalah lemon atau jeruk nipis. Selain bisa dimanfaatkan untuk menambah aroma dan rasa masakan, lemon dan jeruk nipis juga ampuh menghilangkan bau amis pada masakan. Selain itu, kedua bahan ini bisa dijadikan minuman segar yang berkhasiat menetralisir lemak tubuh. (Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan)

3.    Kacang Tanah

Kenapa kacang termasuk bumbu yang wajib ada di dapur? Kacang tidak hanya kaya akan nutrisi yang menyehatkan jantung Anda, tapi juga berkhasiat menambah kelezatan rasa masakan. Seperti yang kita tahu, ada banyak masakan yang memanfaatkan kaacang sebagai bumbunya, misalnya : sambaal pecel, gado-gado, sate, dan lain  sebagainya. (7 Kesalahan Memasak Sayuran yang Sebabkan Kanker)

4.    Temu-temuan

Bumbu lain yang berkhasiat menambah aroma dan warna masakan adalah temu-temuaan atau yang sering disebut “mpon-mpon”. Mpon-mpon mengandung nutrisi dan zat tertentu yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Diantara temu-temuan/mpon-mpon yang wajib ada di dapur Anda, antara lain : kencur, kunyit, jahe, kunci, laos, dan lain sebagainya. (Waspadai Benjolan di Leher yang Sebabkan Kematian)

5.    Bumbu daun

Bumbu daun berkhasiat menyedapkan dan pastinya memperindah penampilaan masakan Anda. Selain itu, bumbu daun tentunya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Diantara bumbu daun yang wajib ada di dapur Anda, antara lain : seledri, daun jeruk purut, daun sereh, daun salam, daun mint, dan lain sebagainya. (Kenali 5 Ciri-ciri Urine Ginjal yang Bermasalah)

6.    Rempah-rempah

Selain bumbu yang disebutkan diatas, ada satu jenis bumbu yang tidak hanya melezatkan tapi juga menyehatkan, yakni : rempah-rempah. Oleh karena itu, rempah-rempah wajib ada dalam dapur Anda. Diantara jenis rempah-rempah berkhasiat tesebut antara lain : kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan lain sebagainya.
Semoga dengan menyediakan bumbu dan bahan yang sehat dan berkualitas, keluarga Anda senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Semoga informasi yang berjudul Enam Bumbu Sehat dan Berkhasiat yang Wajib Ada Di Dapur diatas dpaat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »