Loading...
sss

7 Kesalahan Mengolah Sayuran yang Mengancam Kesehatan dan Sebabkan Kanker

Siapa sich yang tidak tahu akan pentingnya sayuran? Sayuran termasuk salah satu sumber vitamin, mineral dan serat yang bagus untuk tubuh. Kekurangan sayuran dapat menyebabkan kekurangan zat-zat dan nutrisi penting sehingga berdampak pada kesehatan, misalnya : kesehatan mata terganggu, anemia, sembelit dan lain sebagainya. Meski begitu, pastikan mengolah sayuran yang cara benar sebelum di konsumsi, karena kesalahan mengolah sayuran dapat membahayakan kesehatan bahkan menyebabkan kanker. Hem, agar lebih jelasnya, simak 7 Kesalahan Mengolah Sayuran yang Mengancam Kesehatan dan Sebabkan Kanker berikut ini :
Menumis sayuran

1.    Tidak mencuci bersih sayuran

Sayuran memang kaya nutrisi dan menyehatkan tubuh, namun jika tidak dicuci bersih sebelum dimasak justru dapat mengancam kesehatan kita. Hal itu, karena kandungan petisida yang masih menempel pada sayuran berisiko memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Untuk meminimalisir hal ini, ada baiknya Anda memilih sayuran organik yang bebas dari pestisida. Meski begitu, pastikan mencuci bersih sayuran sebelum diolah yaa! (Manfaat Sumsum Tulang yang Sering DIabaikan)

2.    Suka memanaskan beberapa jenis sayuran

Anda suka memanaskan kembali sayuran yang akan dinikmati? Kebiasaan tersebut mungkin tidak masalah bagi sebagian sayuran, namun khusus sayuran bayam dan seledri, sebisa mungkin hindari yaa. Kenapa demikian?  Ternyata meskipun bayam dan seledri mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, namun bayam dan seledri juga  bisa membahayakan kesehatan jika dipanaskan ulang, karena kandungan nitrat didalamnya bisa berubah menjadi nitrosamin yang menyerupai zat karsinogen dan bisa memicu kanker. Hem, mengerikan sekali, bukaan? (Tiga Amalan Sunnah Ini Bebaskan Anda dari Segala Penyakit)

3.    Menambahkan MSG dalam Masakan

Suka menambahkan MSG ke dalam masakan? Hati-hati ya, karena meskipun rasa masakan Anda jadi sedap, namun efek jangka panjangnya sangat tidak baik bagi kesehatan bahkan menjadi salah satu pemicu kanker. Nah, mau sehat atau mau sakit?  (JANgan Sepelekan Memar pada Tubuh,Ini 7 Penyebabnya)

4.    Proses Mencuci Sayuran yang Salah

Kebanyakan orang lebih suka memotong sayuran terlebih dahulu baru kemudian mencucinya. Hal ini termasuk kebiasaan yang kurang sehat, karena Selain membuat kandungan vitaamin dan mineral dalam sayuran menjadi hilang bersama air cucian, juga dapat membuat kuman pada air mengontaminasi sayuran. Yang benar adalah, mencuci sayuran hingga bersih, mengeringkannya, baru kemudian memotong sayuran dan langsung mengolahnya. (Jangan Buang Biji Alpukat, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan)

5.    Memasukkan sayuran dalam suhu tinggi

Saat menumis sayuran, usahakan jangan menunggu minyak dalam kondisi panas hingga mengepulkan asap, baru memasukkan sayuran, karena kebiasaan tersebut dapat memicu kanker. Kenapa demikian? Minyak yang dipanaskan dalam suhu lebih dari 200 derajat Celcius ini dapat berisiko membentu zat karsinogen penyebab kanker. Selain itu, memanaskan sayuran dalam suhu tinggi juga dapat merusak kandungan nutrisinya. Yang benar adalah segera tumis bumbu saat minyak panas, namun belum mengepulkan asap. (Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah Sebelum Terlambat)

6.    Menambahkan banyak minyak saat menumis sayuran

Menumis sayuran yang sehat adalah menggunakan sedikit minyak. Bagaimana jika ada yang menambahkan banyak minyak? Kandungan lemak yang tinggi dalam minyak dapat mengganggu kesehatan, salah satunya saluran pencernaan.

7.    Menambahkan garam terlalu banyak

Garam memang menambah citarasa tersendiri pada masakan Anda, namun mengkonsumsi garam berlebih tidak baik bagi kesehatan loh... Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan, jika garam berlebih memicu risiko kanker lambung.
Olah sayuran dengan benar agar kandungan nutrisinya terjaga dan pastinya tidak membhayakan kesehatan Anda. Semoga informasi yang berjudul Kesalahan Mengolah Sayuran yang Mengancam Kesehatan dan Sebabkan Kanker diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...