Loading...
sss

Tips dan Trik Memasak Jengkol yang Empuk dan Tidak Bau

Jengkol termasuk salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Jengkol bisa dikonsumsi sebagai lalapan dan diolah menjadi berbagai hidangan lezat, diantaranya : Rendang jengkol, semur jengkol, sambel goreng jengkol, gulai jengkol, dan lain sebagainya. Jengkol tidak hanya nikmat dikonsumsi, tapi juga mengandung nutrisi tinggi, diantaranya : protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, dan lain sebagainya.
Meskipun rasanya nikmat, sayangnya ada sebagian orang justru menjauhi jengkol. Hal itu disebabkan aroma jengkol yang tajam dan mengganggu. Eits, jangan hanya karena bau tidak enak, lantas Anda membenci jengkol. Karena dengan tips dan trik jitu, jengkol bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan tidak bau.
Hem, dari pada penasaran, Dapuronlineku akan menyajikan tips dan trik mengolah jengkol enak dan tanpa bau berikut ini :

•    Pemilihan jengkol yang tepat

Agar rasa olahan jengkol sempurna, usahakan memilih jengkol yang benar-benar tua.

•  Merendam jengkol

Proses perendaman akan membantu mengurangi bau tidak sedap pada jengkol dan menetralisir racun. Anda bisa merendam jengkol dnegan air es selama semalam atau bisa juga merendam jengkol dengan air kapur sirih. Cara ini tidak mengurangi kenikmatan jengkol, jadi tidak perlu khawatir ya!

•    Merebus jengkol dengan bahan-bahan tertentu

Untuk menetralisir bau jengkol sebelum dimasak, Adan bisa merebus jengkol bersama daun jeruk purut. Caranya, iris-iris daun jeruk purut, lalu masukkan pada rebusan jengkol. Cara lain yang bisa dilakukan adalah merebus jengkol bersama daun jambu biji hingga empuk, lalu buang air rebusannya. Cara ini tidak hanya membantu menetralisir bau, tapi juga mengurangi kandungan racun dalam jengkol

•    Proses perebusan yang tepat

Saat merebus jengkol, usahakan tidak terlalu matang, karena akan membuat jengkol hancur saat dipipihkan. Proses pemipihan jengkol bertujuan agar bumbu lebih meresap sempurna didalam jengkol. Setelah semuanya beres, Anda bebas mengolah jengkol sesuai selera.

•    Menetralisir bau mulut akibat makan jengkol

Setelah mengonsumsi jengkol, nafas Anda pasti tercium bau kurang sedap. Untuk menetralisir bau mulut, Anda bisa minum kopi pahit tanpa gula. Aroma kopi yang wangi bakal membantu menghilangkan bau jengkol yang tajam.
Nah, ternyata untuk mengolah jengkol tidaklah sesulit yang dibayangkan bukan? Dengan tips dan trik diatas, jengkol tidak hanya nikmat tapi juga tidak bau. Selamat mencoba!





Baca juga artikel yang ndak kalah menariknya
Tips Menghilangkan Bau Pete yang Menyengat
Manfaat Tak Terduga Jengkol dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
Resep dan Cara Membuat Sambal Jengkol Cabe Ijo 

Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...