Loading...
sss

Jangan Buang Kulit Petai! Kenali Beragam Manfaatnya

Dapuronlineku -Suka menambahkan Petai pada masakan? Petai memang menambah citarasa tersendiri pada masakan. Petai bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, dari mulai sambal, campuran lodeh, sambal goreng, tumisan hingga lalapan. Ketika mengonsumsi petai, umumnya orang akan langsung membuang kulitnya karena dianggap tidak bermanfaat. Mulai sekarang, jangan buang kulit petai ya, karena ada manfaat yang tersembunyi didalamnya.
Jika kulit petai tidak boleh dibuang, lalu apa manfaat kulit petai? Ternyata kulit petai segar mengandung senyawa fenolik yang berkhasiat sebagai antioksidan alami yang membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Jadi, Anda bisa mencampurkan kulit petai ke dalam masakan yang akan diolah. Untuk rasanya sendiri, tidak mengecewakan loh, hampir tidak jauh beda dengan bijinya. 

Menyehatkan dan menjernihkan Minyak goreng

Selain diolah sebagai masakan, Anda juga bisa memanfaatkan kulit petai untuk menyehatkan dan menjernihkan minyak goreng. Seperti yang kita tahu, minyak goreng bekas yang hitam sudah tidak layak pakai karena mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Ternyata senyawa fenolik dalam kulit petai bisa membantu menghilangkan radikal bebas dalam minyak goreng bekas dengan cepat.  Hasilnya, minyak goreng akan menjadi jernih, lebih sehat dan siap digunakan untuk memasak. Tidak hanya itu, senyawa fenolik dalam kulit petai juga membuat minyak goreng tidak bau tengik. Wow.. mengejutkan sekali bukan? 

Anti penuaan dalam tubuh

Manfaat asam fenolik dalam kulit petai juga berkhasiat sebagai anti penuaan, diantaranya mencegah pertumbuhan sel abnormal, mengendalikan peradangan, meningkaatkan sistem imunitas tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Senyawa fenolik dalam kulit petai mengandung antioksidan yang bersifat anti-inflamasi, anti anti pembekuan, dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. 

Menyuburkan tanaman dan mengusir hama

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi kulit petai, jangan langsung membuangnya ke tempat sampah ya! Manfaatkan kulit petai sebagai insektisida dan fungisida untuk tanaman. Jadi, Anda tidak perlu lagi cemas dengan serangan hama. 
Ternyata dari kulit petai yang sering diremehkan banyak orang justru terkandung manfaat yang luar biasa. Semoga informasi yang berjudul Jangan Buang Kulit Petai! Kenali Beragam Manfaatnya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Artikel Keren Lainnya
Tips Menghilangkan Bau Petai yang Menyengat
Buah Dan Sayur Penurun Kolesterol
Atasi Batuk pada anak dengan Tepat dan Aman
Awas! Kurang Minum Sebabkan Stroke dan Gagal Ginjal
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...