sss

Tips Membuat dan Menyimpan Lauk Kering Praktis dan Enak Untuk Bulan Puasa

Lauk kering yang enak dan praktis bisa jadi menu pilihan saat bulan puasa. Tidak hanya enak, lauk kering juga lebih tahan lama sehingga cocok menjadi penolong di saat makan sahur. Diantara jenis lauk kering yang cocok untuk stock makan sahur di bulan puasa nanti, antara lain : kering tempe, kering kentang, aneka jenis serundeng (ayam, tuna, daging dan lain-lain), kering ebi, kering bihun ebi, dan lain sebagainya. (6 Jenis Sirup Buah yang Enak dan segar untuk bulan puasa)


Contoh produk lauk kering yang enak dan berkualitas
Meskipun cara pembutan lauk kering ini terbilang mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat maupun menyimpan lauk kering. Hal ini dilakukan agar lauk kering tetap terjaga kualitas dan juga rasanya. Nah, agar lebih jelasnya, simak tips membuat dan menyimpan lauk kering praktis dan enak untuk Bulan Puasa berikut ini:

Pilihlah bahan yang berkualitas

Pemilihan bahan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan, karena mempengaruhi rasa dan daya tahan makanan. Untuk itu, pastikan pilih bahan yang segar, baru, dan terbaik agar hasil kering kentang lebih enak, bernutrisi dan tahan lama. (Cara Membuat Aneka Sambal yang enak dan Praktis)

Pemilihan minyak goreng yang tepat

Pengunaan minyak goreng juga mempengaruhi rasa, penampilan dan juga daya tahan makanan. Oleh karena itu, pastikan gunakan minyak yang masih baru dan berkualitas. Penggunaan minyak bekas tidak hanya membuat rasanya tidak enak, tapi juga memperburuk penampilan dan lauk keirng juga mudah tengik/bau.

Pastikan memasak bahan hingga kering

Proses memasak hingga kering dapat mempengaruhi daya tahan makanan. Lauk yang proses memasaknya masih basah akan membuatnya cepat berjamur, tidak renyah dan cepat tengik saat disimpan. Pastikan memotong bahan tipis-tipis, menggorengnya dalam api kecil agar matang merata dan kering.

Penyimpanan lauk kering

Penyimpanan yang tepat akan membuat lauk kering tahan lama dan terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, simpan lauk kering dnegan cara yang tepat, yakni : pastikan lauk kering sudah dingin ketika disimpan, simpan dalam wadah kedap udara yang bersih dan higienis, pastikan menutup rapan wadah penyimpanan agar tidak tercemar bakteri dan jamur, dan lain-lain.

Alat untuk Mengambil lauk

Agar lauk kering terjaga kualitasnya, gunakan alat makan yang bersih dan kering saat mengambil lauk, misalnya : sendok. Kondisi alat masak yang basah dan tidak bersih dapat menurunkan kualitas lauk kering, karena itu pastikan ganti sendok yang baru saat mengambil lauk.

Simpan lauk kering dalam kulkas

Agar daya tahan lauk keirng bisa lebih lama, setelah dimasukkan ke dalam toples, Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas. Ketika ingin menikmati, Anda tidak memanaskan sebentar.
Semoga artikel tentang Tips Membuat dan Menyimpan Lauk Kering Praktis dan Enak Untuk Bulan Puasa diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat menyambut bulan ramadhan!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »