sss

Rahasia Membuat Ayam Goreng Padang yang Nikmat

DapurOnlineku - Suka menikmati ayam goreng di warung masakan Padang? Ayam goreng Padang memang memiliki rasa yang special, karena dipilih dari ayam kampung muda yang dipadukan bumbu rempah dan proses memasak yang tepat. Hem, mungkin alasan tersebut yang membuat beberapa orang lebih memilih ayam goreng padang dibandingkan olahan ayam lainya.
 Jika Anda dan keluarga termasuk penggemar ayam gireng Padang, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, memasak sendiri masakan kesukaan keluarga tentu memberikan kesan tersendiri bagi mereka. Tidak usah bingung karena disini kita akan membagikan resep dan cara membuat Ayam Goreng Padang yang nikmat. Daripada penasaran, lagsung simak rahasia lezat ayam Goreng padang berikut ini :

Pilih ayam kampung muda

Ayam kampung muda memiliki ukuran yang tepat dan tekstur yang lebih empuk dan tidak alot sehingga banyak dipilih oleh pemilik warung Padang. Namun jika Anda sulit menemukan ayam kampung, Anda bisa memilih ayam sayur biasa (pedaging).

Potong ayam menjadi empat  bagian

Agar bentuknya serupa dengan ayam goreng buatan  padang, Anda bisa memotong ayam dengan ukuran serupa yakni 1 ekor menjadi empat bagian.

Rendam ayam kedalam bumbu

Setelah dicuci bersih, Anda bisa merendam ayam kedalam bumbu rempah pilihan selama 30 menit hingga 1 jam. Merendam ayam kedalam bumbu akan membuat ayam lebih gurih dan nikmat.

Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis

Perasan jeruk nipis akan membuat bau amis ayam lenyap. Selain itu, menambahkan perasan jeruk nipis pada bumbu  rendaman juga membuat daging ayam lebih kesat dan lemaknya berkurang.

Celupkan dalam kocokan telur

Setelah melalui proses perendaman Anda bia menggoreng ayam. Sebelumnya, Anda bisa mencelupkan ayam kedalam kocokan telur yang sudah dicampur parutan lengkuas. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan.

Resep Ayam Goreng Padang

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  •     2 ekor ayam kampung muda, potong menjadi 8
  •     1 bh air jeruk nipis, ambil airnya
  •     2 butir telur, kocok sebentar
  •     2 ruas ibu jari lengkuas, parut
  •     Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :

  •  4 siung Bawang putih
  • 3 cm lengkuas, parut
  • ½ sdt merica 
  • 1 ruas jari kunyit
  • Garam secukupnya

Cara membuat Ayam goreng Padang :

  1. Setelag dipotong, Anda bisa mencuci ayam hingga bersih. Kemudian lumuri ayam dengan bumbu halus dan air perasan jeruk nipis. Diamkan ayam selama 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Kocok telur hingga merata, lalu campurkan lengkuas parut.
  3. Pnaskan minyak secukupnya hingga ayam terendam
  4. Celupkan ayam berbumbu tadi kedalam kocokan telur, lalu goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan dan matang. Angkat, tiriskan.
  5. Ayam goreng ala Masakan Padang siap disajikan untuk keluarga
Hem, ternyata tidak terlalu sulit ya cara  membuat Ayam goreng Padang yang nikmat.  Jadi, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menikmati ayam goreng padang, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca Artikel Keren lainnya :

Resep dan Cara Membuat Pempek Nasi Sisa yang Nikmat
Awas! Ada Racun dalam 7 Bagian Ayam Ini
Cara Masak Cumi agar empuk dan Tidak Alot
Rahasia Sehat Mencuci dan Merebus Ayam agar Bebas Bakteri
Tips dan Cara Memasak Ceker yang Nikmat dan Empuk hingga ke Tulang
Tips dan cara Membuat Saus Tomat yang Enak dan Sehat
Loading...
loading...
Previous
Next Post »