sss

Tips Cerdas Membuat Pewarna Alami yang Baik dan Aman Untuk Keluarga

Warna merupakan salah satu  daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya, begitupun pada makanan dan minuman. Siapa sich yang tidak tergoda ketika melihat makanan dan minuman dengan warna yang menarik? Kondisi tersebut membuat beberapa produsen makanan dan minuman rela melakukan berbagai cara untuk menciptakan produk yang menarik perhatian konsumen.
Sayangnya, tidak semua produsen makanan/minuman memiliki kepedulian terhadap kesehatan konsumen, sehingga demi untung besar, mereka rela menggunakan bahan-bahan pewarna sintetis. Pewarna sintetis memang praktis penggunaannya, tapi penggunaan dalam jangka panjang tentulah kurang baik untuk kesehatan.  Sebenarnya, tanpa bahan pewarna sintetispun, kita bisa menciptakan makanan/minuman dengan warna menarik. Ingin tahu, jenis pewarna alami yang aman dan baik untuk kesehatan keluarga? Simak informasinya berikut :

Kuning 

Untuk mendapatkan hasil makanan dengan warna kuning cerah, Anda bisa memanfaatkan kunyit. Selain aman, kunyit juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena kandungan utamanya, yakni : minyak atsiri, protein, fosfor, kurkumin, zat besi, dan lain sebagainya. Cara menggunakan kunyit sebagai pewarna adalah : penggunaan kunyit segar langsung, bubuk kunyit, atau diiris lalu dikeringkan dahulu baru direbus (biasanya untuk minuman/jamu).

Oranye

Untuk warna oranye, Anda bisa memanfaatkan wortel dan jeruk. Selain rasanya yang manis, wortel dan jeruk sangat  kaya vitamin yang menyehatkan keluara Anda. Jadi, untuk memberikan warna oranye pada makanan atau minuman, Anda cukup memeras jeruk atau memblender wortel dan mengambil air perasannya.

Ungu

Untuk mendapatkan warna Ungu, Anda bisa memanfaatkan pewarna alami yang tidak hanya aman, tapi juga menyehatkan, diantaranya : Ubi ungu, bunga sepatu ungu, buah naga ungu. Ketiganya tidak hanya memberikan efek warna yang menarik, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena itu Anda bisa menggunakannya dengan leluasa tanpa takut efek samping untuk kesehatan keluarga. Penggunaannya bisa dengan cara diblender hingga harus, baru kemudian di saring.

Hijau

Untuk warna hijau, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis sayuran hijau, diantaranya : bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya.  Sayuran hijau sudah tentu aman dan baik untuk kesehatan keluarga Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daun suji untuk mendapatkan warna hijau yang menarik. Cara penggunaannya cukup diblender dengan menambahkan sedikit air, kemudian diperas.

Merah atau merah muda

Untuk mendapatkan warna merah atau merah muda, Anda bisa menggunakan Bit yang memiliki zat pewarna cukup kuat dan aman karena tidak merubah rasa asli kue/minuman. Selain itu kandungan gizi dalam Bit juga sangat baik untuk kesehatan keluarga Anda. Caranya, rebus Umbi bit dengan sedikit air, lalu saring dan gunakan airnya. Nah, khusus untuk makanan/lauk, Anda bisa menggunakan cabai merah. Cabai merah tidak hanya mempercantik makanan tapi juga memberi rasa pedas.

Coklat

Untuk warna coklat, Anda bisa menggunakan buah kakao yang merupakan bahan untuk membuat coklat.

Pink

Untuk mendapatkan warna pink yang menarik, Anda bisa menggunakan buah strawberi atau rasberry. Buah ini tidak hanya mempercantik warna makanan/minuman tapi juga memberi rasa dan aroma yang unik dan menggugah selera.

Biru

Untuk mendapatkan warna biru yang menarik, Anda bisa memanfaatkan sayur Kubis merah. Cara penggunaannya adalah dengan merebus sayuran dengan air hingga warna alaminya keluar. Tambahkan baking soda sedikit demi sedikit hingga air rebusan berwarna biru.
Mudah sekali bukan untuk mendapatkan bahan pewarna alami yang aman dan sehat? Yuk, biasakan menggunakan bahan-bahan alami untuk setiap olahan Anda. Selamat Memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »