Loading...
sss

Tips Membuat Gorengan yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

Gorengan menjadi salah satu cemilan favorit saat santai bersama teman, sahabat atau keluarga. Gorengan tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi harganya juga relative murah. Namun tahukah Anda bahwa ada bahaya yang mengintip dibalik kebiasaan mengonsumsi gorengan? Kandungan lemak trans yang tinggi dalam gorengan sangat berbahaya untuk kesehatan pembuluh darah kita dan meningkatkan risiko kanker.

 
Tapi bagaimana jika gorengan terbuat dari bahan-bahan yang sehat? Beberapa jenis gorengan memang dibuat dari bahan-bahan yang sehat dan bergizi, dari mulai : tahu, pisang, ayam, tempe, dadar jagung, jamur, dan lain sebagainya. Namun asal Anda tahu, kandungan nutrisi makanan yang digoreng bisa berkurang jika cara memasaknya salah, misalnya : penggunaan minyak bekas untuk menggoreng, proses pemanasan yang tinggi berisiko merubah minyak sehat sekalipun menjadi lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan, dan lain sebagainya.
Nah, agar gorengan atau makanan yang digoreng bisa lebih sehat dan aman dikonsumsi, simak tips membuat gorengan yang sehat dan berkualitas berikut ini :

•    Pilih bahan yang sehat dan berkualitas

Bahan makanan menjadi penentu utama apakah gorengan Anda sehat dan aman untuk dikonsumsi. Pilih bahan yang segar dan berkualitas agar rasa gorengan juga lebih nikmat.

•    Pilih bahan adonan yang lebih sehat

Pemilihan bahan adonan juga menentukan rasa dan kualitas gorengan. Pilihlah adonan dari tepung beras atau tepung jagung, karena tidak banyak menyerap minyak sehingga lebih sehat dan aman.

•    Tambahkan Baking Soda dalam adonan

Agar adonan lebih renyah dan tidak menyerap minyak, Anda bisa menambahkan baking soda pada adonan gorengan.

•    Pilih minyak zaitun

Minyak zaitun termasuk salah satu jenis minyak yang terbaik dan sehat untuk menggoreng makanan. Ketika digunakan untuk menggoreng, minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga bisa menjaga kualitas serta nutrisi yang ada dalam makanan yang digoreng.

•    Jangan gunakan minyak berulang-ulang

Penggunaan minyak berulang-ulang tidak hanya mengurangi kualitas dan rasa makanan, tapi juga dapat mengurangi nutrisi makanan yang akan di masak.

•    Atur suhu minyak

Mengatur suhu minyak agar stabil (tidak terlalu panas atau kurang panas)  termasuk salah satu penentu kualitas gorengan. Suhu minyak yang baik untuk menggoreng adalah 150-200 derajat Celsius.

•    Tiriskan minyak sebelum mengonsumsi

Agar gorengan tidak mengandung minyak berlebih, setelah proses penggorengan, usahakan meniriskan minyak dengan menggunakan kertas tissue.
Gorengan memang paling nikmat dan menggugah selera, namun demi kesehatan Anda, pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...