sss

Cara Memilih dan Mengolah Kluwek yang Berkualitas

Pernah menikmati masakan Rawon? Salah satu ciri khas Rawon adalah kuahnya yang berwarna hitam. Warna hitam pada kuah Rawon sendiri berasal dari bumbu dapur yang bernama Kluwek. Meskipun memiliki warna yang tidak cantik, namun Kluwek berkhasiat menambah citarasa masakan. Sayangnya tidak banyak orang yang bisa memilih dan mengolah kluwek yang berkualitas. Padahal salah memilih dan mengolah Kluwek tidak hanya membuat masakan jadi tidak kurang nikmat, tapi bisa membuat Anda sekeluarga mabuk. Hem, benarkah demikian? Ternyata Kluwek mentah mengandung hydrogen sianida yang tinggi sehingga memicu mual dan pusing kepala.
Kluwek

Kluwek merupakan sejenis tanaman yang bijinya berbentuk bulat/ovale /agak pipih dan kulitnya keras seperti batu. Untuk memanfaatkan Kluwek, kita harus memecahkan kulitnya dan mengambil isinya yang lunak berwarna cokelat kehitaman.  Selain Rawon, Kluwek biasa digunakan dalam beberapa masakan lainnya, misalnya : nasi goreng, pindang iga, sop conro dan lain sebagainya. Nah, agar tidak salah memilih dan mengolaah Kluwek, sebaiknya simak informasi tentang Cara Memilih dan Mengolah Kluwek yang Berkualitas berikut ini : (Cara Masak Mie Instan yang Sehat dan Nikmat)

Pilih Cangkang kluwek yang bersih dan berat

Cara memilih kluwek yang pertama adalah perhatikan cangkangnya. Pastikan tidak memilih kluwek yang cangkangnya berjamur dan ringan. Pilih kluwek yang terasa berat dan berbunyi ketika dikocok.

Pecahkan kulit Kluwek dengan ulekan

Setelah memilih kluwek, Anda bisa mengambil isinya. Caranya tentu dengan memecahkan kulit kuarnya menggunakan ulekan atau pemukul lainnya. Daging kluwek yang bagus adalah yang bulat dan memiliki lapisan yang mengikuti cangkangnya.

Hindari memilih Kluwek yang Muda

Kluwek muda memiliki lapisan dengan warna putih atau abu-abu dan rasanya pahit. Oleh karena itu, hindari menggunakannya dalam masakan.

Daging kluwek kering

Kadangkala setelah dibuka, daging kluwek sudah mongering. Jika demikian, pastikan rasanya tidak pahit/asam. Jika rasanya masih bagus, Anda bisa tetap menggunakannya dengan cara merendamnya ke dalam air panas.

Cicipi daging kluwek

Untuk memastikan daging kluwek bagus atau tidak, pastikan mencicipinya terlebih dahulu. Jika rasanya pahit atau masam, Anda bisa membuangnya.
Ternyata memilih Kluwek yang bagus tidaklah sulit ya. Semoga informasi yang berjudul Cara Memilih dan Mengolah Kluwek yang Berkualitas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »