sss

Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat

DapurOnlineku - Pernahkah Anda menikmati lezatnya nasi kuning yang lengkap? Nasi kuning termasuk salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari, karena rasanya yang gurih dan nikmat disantap segala suasana. Banyaknya penggemar nasi kuning membuatnya mudah ditemukan dimana saja, dari mulai warung kaki lima, pedagang keliling, hingga rumah makan yang besar. Bahkan beberapa orang menjadikan nasi kuning sebagai sajian saat menggelar pesta/hajatan, misalnya : ulang tahun, tumpengan, dan lainnya. Nasi kuning dibuat dari beras yang dibumbui dan dipadukan dnegan santan kelapa agar rasa dan aromanya semakin menggoda. Nasi kuning umumnya disajikan bersama kering tempe, dadar kentang, ayam goreng, telur dadar, dan irisan mentimun.
Jika Anda dan keluarga termasuk penggemar nasi kuning, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Membuat nasi kuning tidaklah sesulit yang dibayangkan loh, asalkan Anda sudah menguasai ilmunya. Disini kami akan membagikan resep dan cara membuat Nasi kuning yang enak dan lengkap yang bakal membuat anak-anak dan keluarga tercinta bakal makin jatuh cinta pada Anda. Penasaran, simak aja yuk Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat, berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

•    1 liter beras yang berkualitas
•    250 gr Beras ketan
•    500 ml santan kental
•    3 lembar daun salam
•    1 batang serai
•    1 sendok teh garam dapur halus
•    4 cm kunyit, parut dan saring airnya

Bumbu yang dihaluskan :

•    5 butir bawang merah
•    3 siung bawang putih
•    3 butir kemiri, sangrai dulu

Cara Membuat Nasi Kuning :

1.    Cuci beras dan ketan dengan air hingga bersih, tiriskan.
2.    Kukus beras dan ketan hingga setengah matang
3.    Campurkan santan, air kunyit,  bumbu halus, daun salam, dan serai serta garam.
4.    Panaskan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, matikan
5.    Masukkan beras yang sudah dikukus tadi pada santan, aduk-aduk hingga beras tercampur rata. Diamkan agar bumbu meresap.
6.    Panaskan panci pengukus, dan kukus nasi kuning hingga matang, kira-kira 25 menit.
7.    Nasi kuning siap disajikan bersama bahan pelengkapnya, yakni : kering tempe, telur dadar, ayam goreng, dan sambal.

Cara membuat Bahan pelengkap :

Telur dadar

Kocok 3 butir telur, tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Aduk terus hingga kaku. Panaskan Teflon, dan goreng telur hingga matang. Setelah dingin, gulung telur, lalu iris-iris. Intip Rahasia Membuat Telur dadar yang Tebal dan nikmat.

Ayam goreng

Untuk ayam goreng, Anda bisa memilih ayam goreng sesuai selera, misalnya : ayam tepung, ayam lengkuas, ayam serundeng, dan lainnya. Untuk aneka resep ayam, silahkan cek di Kumpulan Resep Ayam Goreng Nikmat.

Kering tempe

Untuk resep kering tempe, Anda tidak perlu pusing, karena cara membuatnya sangat mudah dan praktis. Tidak percaya, simak langsung di Resep dan Cara Membuat Kering Tempe yang Nikmat.

Dadar Kentang

Untuk membuat dadar kentang yang nikmat, langsung saja intips di Resep Dadar Kentang yang Nikmat

Sambal

Untuk sambalnya, Anda juga bebas memilih apa jenis sambal yang sesuai dengan selera Anda. Sebagai referensi, silahkan Anda memilih sendiri di Kumpulan Resep Sambal yang Nikmat.
Ternyata membuat nasi kuning yang lengkap tidaklah sesulit yang dibayangkan yaa! Jika demikian, yuk masak nasi kuning untuk keluarga tercinta. Selamat memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »