Loading...
sss

Kenali 4 Perbedaan Mentega dan Margarin

DapurOnlineku - Sering merasa bingung ketika membedakan antara mentega dengan margarine? Bagi seorang yang masih belajar memasak, kebingungan tersebut adalah hal yang wajar, karena sekilas kedua bahan tersebut memang terlihat sama. Sebenarnya mentega dan margarine tidaklah sama, bahkan hasil yang diberikan pada masakan juga jauh sangat berbeda. Wow, menarik sekali bukan? Daripada hanya menebak-nebak tidak jelas, mending langsung simak saja perbedaan antara margarine dan mentega berikut ini :

Proses pembuatannya

Margarin merupakan produk makanan yang dibuatan oleh manusia, yakni dari minyak nabati yang diproses secara kimiawi, seperti : diputihkan, disaring, dihydrolis, penambahan pewarna dan penyedap.
Sementara itu, mentega dibuat secara alami dengan proses pencampuran menggunakan tenaga mesin atau tangan guna memisahkan cairan dari lemak dan dilakukan menggunakan reseptor asam laktat yang biasa dibuat dari bakteri yang secara almiah bisa didapatkan dari semua produk susu.

Kandungan nutrisi keduanya

Mentega termasuk makanan kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya : Vitamin A, D, E, dan K serta asam lemak yang sehat. Meskipun mentega termasuk produk susu, namun ia mudah dicerna tubuh serta tidak mengandung gula susu ataupun protein susu yang menyebabkan alergi. Mentega mengandung lemak jenuh yang juga berbahaya bagi kesehatan jantung jika dikonsumsi berlebihan.
Sementara itu,  tidak mengandung vitamin, karena kandungan vitamin E didalamnya sudah rusak akibat proses pembuatannya. Meski begitu, margarine mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan mentega. Tapi, dalam margarine mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Tekstur dan warnanya

Margarin memiliki tekstur lebih padat dan kaku, warnanya terlihat kuning terang dan tidak mudha meleleh. Biasanya dijual dalam bungkus plastic atau mangkuk plastik. Apabila panaskan, margarine akan mencair dan berubah menjadi minyak berwarna kuning tua dan agak mengendap dan apabila dikocok akan mudah lembek.
Sementara itu mentega atau butter memiliki aroma yang lebih tajam dan menggugah selera. Mentega memiliki warna kuning agak pucat dan mudha meleleh apabila dipanaskan. Mentega biasanya dijual dalam kertas alumunium atau didinginkan.

Kegunaan

Margarin lebih banyak digunakan untuk bahan tambahan masakan, misalnya : menumis bumbu, membuat saus, campuran minyak agar hasilnya lebih gurih,  dan lainnya. Sementara itu mentega bisa digunakan untuk membuat kue kering yang nikmat, empuk dan lembut. Mentega membuat kue memiliki tekstur bagus dan juga aroma yang lebih harum.
Hem, gimana sobat, sudah tahu kan perbedaan antara margarin dengan mentega.  So, jangan sampai salah pilih yaa….
Baca Artikel Keren Lainnya

Tips dan cara Mudah Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker
Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Cara Mudah Membuat Lontong Cap Go Meh Enak dan Lengkap
Rahasia Membuat Kue Cubit yang Empuk dan Lumer di Mulut
Rahasia Membuat Ayam Goreng Padang yang Nikmat
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...