Loading...
sss

Lima Kesalahan Memasak yang Menghilangkan Nutrisi Ikan

DapurOnlineku - Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang cukup banyak difavoritkan, karena sangat kaya nutrisi penting bagi tubuh, diantaranya : protein, asam lemak omega3, vitamin dan juga mineral. Ikan sangat mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat dan menggugah selera. Namun sayangnya tak banyak yang memahami cara memasak ikan dengan baik dan benar, sehingga ada beberapa kesalahan yang justru membuat nutrisi dalam ikan justru rusak atau hilang. Nah loh, sayang sekali bukan? Harusnya kita bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi penting pada ikan, tapi hanya karena kesalahan sepele, akhirnya semuanya menjadi sia-sia.
Nah, agar bisa mendapatkan manfaat ikan secara optimal, sudah selayaknya kita memahami apa saja kesalahan memasak ikan yang dapat hilangkan nutrisinya. Karena hanya dnegan cara itu, kita bisa mencegahnya atau menghindarinya. Kira-kira apa sajakah itu? Simak Lima Kesalahan Memasak yang Menghilangkan Nutrisi Ikan, berikut ini :

1.    Menggunakan bumbu instan

Bumbu instan seringkali digunakan dalam memasak karena dianggap praktis dan cepat. Akan tetapi, bukan rahasia lagi jika ada sebagian bumbu instan yang mengandung zat kimia berbahaya, misalnya : MSG, pewarna, pengawet, dan lainnya. Bagaimana bisa mendapatkan nutrisi ikan secara maksimal, kalau olahan ikan Anda sudah terkontaminasi dengan zat kimia berbahaya?

2.    Terlalu lama menyimpan ikan

Salah satu kunci mendapatkan manfaat yang maksimal dari ikan adalah kesegaran ikan. Oleh karena itu, pastikan memilih ikan yang segar dan segera masak pada saat itu juga. Kalaupun ingin menyimpan ikan, jangan lebih dari seminggu ya, karena selain merusak tekstur ikan juga dapat menghilangkan nutrisinya.

3.    Mencuci ikan setelah dipotong

Sebelum memasak, kebanyakan orang lebih suka membersihkan dan memotongnya terlebih dahulu. Padahal cara ini sangat kurang tepat karena dapat merusak nutrisi ikan. Akan lebih baik jika Anda membaluskan garam dan kunyit sewaktu mencuci ikan pada keran, karena bahan tersebut bersifat antibakteri yang membantu menghilangkan kotoran dan juga bakteri pada ikan.

4.    Memasak terlalu lama untuk menghilangkan paparan kimia

Banyak orang berpendapat jika memasak ikan dalam waktu lama dapat membantu menghilangkan paparan kimia, padahal cara itu justru dapat merusak atau menghilangkan nutrisinya.

5.    Menggoreng ikan

Dibandingkan metode lainnya, menggoreng termasuk satu metode yang banyak dipilih, karena dapat memberikan penampilan dan rasa yang menggoda. Akan tetapi, menggoreng ikan dapat merusak atau mengilangkan nutrisi ikan. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari ikan, pastikan coba cara memasak yang sehat lainnya, misalnya : steam, panggang, bakar, tumis, dan lainnya.
Semoga informasi yang berjudul Lima Kesalahan Memasak yang Menghilangkan Nutrisi Ikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Resep Udang Bakar Madu Pedas Manis
Cara Masak Mangut Ikan Lele yang Sedap Menggoda
Membuat Udang Goreng Tepung yang Enak dan Crispy
Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Cara Membuat Telur Dadar yang Tebal dan Nikmat
Resep Asem-asem Ikan Bandeng yang Segar dan Nikmat
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...