sss

Tips dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

DapurOnlinequ - Makanan berbahan dasar ayam merupakan makanan yang paling diidolakan atau paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, mulai dari ayam goreng sampai dengan bubur ayam semua olahan ikan menjadi santapan lezat. untuk menunjang kualitas dari olahan ayam tersebut haruslah diimbangi dengan dengan kualitas daging ayam yang baik dan bagus. pentingnya memilih ayam yang berkualitas ini agar olahan masakan Anda enak, sehat dan unggul dalam cita rasanya, serta kandungan ayam tersebut dapat berguna bagi tubuh anda dan kesehatan anda.  dalam agama sendiri kita dianjurkan untuk makan makanan yang halal saja tapi harus yang tayyiban (baik). Tapi Sayang Keinginan Anda untuk memproleh Ayam yang berkualitas baik tidak didukung oleh para penjual ayam, tidak sedikit dari mereka bermain curang dalam menjual barang dagangannya demi untuk meraup keuntungan yang besar semata seperti menyuntik ayam dengan air (menggelonggong ayam), menjual ayam Tiren (Ayam Mati sebelum disembelih) dan ayam berformalin.  tujuan mereka melakukan ini adaalah agar supaya ayam terlihat besar dan gemuk (berat ayam bertambah karena adanya air), agar mereka tidak merugi karena ayam mati sebelum disembelih, dan yang diberi formalin supaya ayam bisa bertahan lama dan bisa dijual lagi besoknya apabila hari tidak laku. 


sumber gambar : Entitashukum.com
Maka dari itu Anda harus bisa mengenali dengan cerdas dan cermat Daging ayam yang berkuailitas baik, tidak sulit kok cara mengenali ayam yang bermasalah seperti ini. Nah dalam kesempatan kali ini Tim Dapur Onlinku akan memaparkan Tips Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin seperti dibawah ini.

Tips dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

Ayam Suntik

Ayam suntik (gelonggong)  adalah ayam yang sudah disembelih disuntik dengan air pada bagain tertentu seperti paha, dada, punggung agar ayam terlihat terlihat lebih gemuk dan besar. Mudah sekali mengenali ciri ciri ayam suntik seperti ini.
  • Dari kasat mata ayam ini tidfak normal beratnya, ayam kecil tetapi beratnya di atas rata-rata
  • Ayam ini mempunyai kulit yang mengkilap dan tekstur kulitnya tidak kesat
  • Tekan daging ayam apabila kencang dan tidak lembek maka 100% ayam tiren
  • Terdapat genangan air disekitar ayam seolah olah habis dicuci atau disiram
  • Banyak tetesan air apabaila ayam dijungkir atau diangkat
  • Apabila anda terlanjur memasak daging ini maka daging akan terlihat menyusut dan banyak mengeluarkan air

Ayam Tiren

Ayam tiren (mati Kemarin) adalah ayam yang dipotong setelah ayam itu mati karena sakit atau mati akrena hal lain. Jangan mengkonsumsi ayam seperti ini karena dapat menimbulkan masalah dan berbagai penyakit dikemudian hari. Ingin tau ciri ciri dari ayam ini, ini ciri cirinya.
  • Harga tidak wajar atau lebih murah dari daging ayam biasanya
  • Sayat sembelihan pada bagian leher tidak lebar
  • mempunyai aroma yang lebih amis dari pada ayam biasanya
  • dagingnya bewarna kebiruan atau terlihat pucat dan tidak segar
  • cek pada bagian leher dan kepala apabila ada bercak darah, maka itulah Ayam Tiren
Tapi biasanya para pedagang mensiasati agar ciri ciri tersebut diatas tidak tampak seperti membubuhkan pewarna kuning dan merendamg dengan air kelapa agar terlihat lebih segar. jadi lebih berhati hati.
Ayam ini dalam Islam haram untuk di konsumsi karena ayam mati sebelum disembelih. dalam islam ayam termasuk hewan yang halal dimakan akan tetapi menjadi haram apabila ayam tersebut disembelih ketika hewan sudah mati.

Ayam Berformalin

Ayam berformalin, Entah apa yang ada dipikiran para pedagang ayam, mereka menggunakan bahan yang sebenarnya digunakan untuk mengawetkan manyak agar tidak cepat membusuk ini, mungkin tujuan ereka agar supaya ayam lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk apabila ayam mereka tidak laku pada hari itu bisa dijual lagi pada hari berikutnya.  hal ini dilakukan agar mereka tidak merugi. sungguh jahat pedagang seperti ini demi keuntungan kesehatan orang lain sebagai taruhannya. Berikut ini ciri-ciri ayam berformalin.
  • Tidak adanya lalat hinggap di daging ayam yang dijual
  • Daging ayam ini lebih kenyal dan putih mengkilat dari ayam biasanya
  • tidak ada aroma amis daging seperti biasanya tapi daging berbau obat
Nah Itulah  Tips dan Cara Cepat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin. Semoga artikel ini membantu Sobat Dapur dalam memilih Ayam yang berkuliatas demi kebaikan dan kesehatan keluarga. 
Loading...
loading...
Previous
Next Post »