sss

Cara Menyimpan Jamur Agar Awet Segar dan Lezat

Cara menyimpan jamur agar awet segar dan lezat - Ketika membeli jamur, ada baiknya langsung diolah karena jamur yang masih segar memiliki rasa yang enak. Berbeda dengan jamur tidak segar, yang kadangkala menimbulkan bau tidak sedap, berair, atau kadangkala teksturnya juga hancur. Namun adakalanya karena satu kondisi, kita terpaksa harus menunda masak jamur yang baru kita beli. Tidak mengapa, karena dengan penyimpnan yang tepat, jamur akan terjaga kesegarannya dan tetap enak saat dimasak. Hem, kira-kira bagaimanakah cara menyimpan jamur yang benar agar awet segar? Agar lebih jelasny, simak informasinya berikut ini :

Jenis jamur yang awet dan mudah rusak

Tapi tetap saja lihat jenis jamurnya, karena ada beberapa jenis jamur yang tidak bisa tahan lama, misalnya jamur merang dan jamur tiram yang hanya tahan hingga 1-2 hari. Untuk jenis jamur champignon dan shitake, umumnya lebih tahan lama, yakni 3-4 hari.

Cara Menyimpan Jamur agar awet segar

•    Simpan di tempat kering

Jika Anda hendak memasak jamur hari itu juga/dalam hitungan jam, sebaiknya jangan simpan didalam kulkas. Cukup simpan di tempat kering dan terbuka saja.

•    Jangan dicuci

Jamur mudah rusak jika terkena air, karena itu jangan mencuci jamur yang akan disimpan. Yang harus dilakukan cukup membuang bagian jamur yang kotor, lalu bungkus dengan tissue.

•    Bungkus dalam wadah tertutup

Jamur mudah sekali busuk jika terkena air, karena itu pastikan masukkan dalam wadah tertutup agar terjaga kelembapannya. Cara lainnya adalah dengan menyimpan dalam wadah plastic yang digembungkan, lalu ikat dnegan tali hingga tertutup rapat.

•    Rebus/kukus jamur

Cara lainnya yang bsia dilakukan adalah dnegan merebus atau mengukus jamur, lalu peras airnya. Setelah itu, masukkan dalam wadah tertutup dan simpan kedalam kulkas.

•    Untuk mneyimpan jamur kaleng

Untuk jamur kaleng, sebaiknya simpan dalam tempat kering dan sejuk atau bisa juga menyimpannya dalam wadah tertutup didalam kulkas. Jangan lupa untuk mengganti air perendamnya.
Mudah banget bukan? Jadi Anda tidak perlu cemas lagi tentang bagaimana cara menyimpan jamur agar awet dan tetap terjaga kesegarannya. Semoga informasi yang berjudul cara menyimpan jamur agar awet segar dan lezat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua

Loading...
loading...
Previous
Next Post »