Loading...
sss

Tips dan Cara Memasak Beras Ketan yang Punel dan Gurih

Dapuronlineku - Pernahkah Anda merasa tergoda untuk menikmati olahan ketan yang punel dan gurih? Ketan bisa dimasak menjadi aneka kudapan yang menggugah selera, dari mulai ketan sambal, wajik, lupis, lemper, campuran nasi kuning, dan lainnya.  Memasak beras ketan yang punel tidaklah mudah, karena ada beberapa trik yang harus diterapkan agar ketan tidak keras atau pera. Nah, jika selama ini Anda seringkali gagal memasak ketan yang punel dan enak, sebaiknya simak tips dan triknya berikut ini : Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Sehat
cara masak ketan pulen dan gurih/royco.co.id

1.    Pilih beras ketan yang berkualitas

Pilih beras ketan dengan bulir panjang dan aromanya harum. Perhatikan warna ketan yang bagus adalah putih susu, karena jika warnanya transparan, bisa jadi ketan sudah dicampur dengan beras.  Ini 6 Cara Masak Enak dan Sehat Meski Tanpa Garam

2.    Rendam ketan sebelum di masak

Agar ketan lebih cepat empuk dan punel saat dimasak, Anda bisa merendamnya lebih dulu selama 30 hingga 2 jam lamanya sebelum dimasak. Selain merendam dengan air biasa, Anda juga bisa merendam ketan dengan air kelapa loh agar rasanya agak manis dan gurih.

3.    Kukus ketan tanpa diaron

Berbeda dengan beras, ketan tidak perlu diaron tapi langsung dikukus setelah direndam. Setelah dikukus selama kurang lebih 20 menit, Anda bisa memasukkan ketan ke dalam santan yang sudah direbus hingga mendidih (tapi tidak dimasak). Aduk-aduk ketan bersama santan, lalu tutup hingga santan meresap.

4.    Kukus kembali ketan hingga matang

Setelah proses pencampuran dengan santan, Anda bisa mengukus kembali ketan hingga matang dan punel.

5.    Masak dengan magic com

Jika Anda tidak ingi ribet, Anda bisa memanfaatkan magic com untuk masak ketan. Adapun caranya adalah dengan mencampur ketan dengan santan dengan ukuran 2:1 untuk santan. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya agar ketan makin gurih.

6.    Menyimpan ketan

Ketan yang sudha matang harus disimpan di tempat yang tertutup seperti magic com atau termos, karena tempat terbuka akan membuat ketan menjadi keras dan kering sehingga tidak menarik lagi untuk dinikmati.

7.    Membumbui ketan

Setelah proses pengukusan selesai, Anda bisa membumbui ketan sesuai selera, mislanya : menambahkan ayam suwir untuk lemper, menambahkan bubuk kedelai dan kelapa, dan lain sebagainya.
Setelah membaca tips dan trik memasak ketan yang enak dan punel diatas, tentunya Anda tidak perlu cemas lagi jika ingin mengolah beras ketan, bukan? Selamat mencoba!

Tags : cara memasak beras ketan dengan magic com, cara memasak ketan susu, cara membuat ketan putih tabur kelapa, cara membuat ketan serundeng, cara memasak ketan durian, cara memasak ketan hitam, cara memasak beras ketan hitam, resep beras ketan putih kukus
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...