sss

Tips dan Cara Hilangkan Bau Tanah dan Lumpur Pada Ikan Gurame

DapurOnlineku - Siapa yang tak tergoda untuk menikmati ikan gurangi yang dagingnya lembut dan gurih? Tak hanya gurih, ternyata ikan gurame juga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh. Meski ikan gurami terkenal kelezatannya, namun terkadang dalam daging gurami terasa bau tanah atau lumpur. Jika tidak diatasi dengan baik, aroma tersebut dapat mengganggu dan merusak selera makan. Sayangnya tak semua ibu tahu bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada ikan gurame sehingga mereka enggan memasaknya.  Cara Masak Bayam Agar Nutrisinya Tidak Hilang dan Tidak Jadi Racun
ikan gureme/http://wiraswastarumahan.blogspot.co.id
Alangkah sayang jika hanya karena masalah sepele tersebut, Anda harus kehilangan kesempatan menikmati ikan gurame yang kaya protein ini. Untuk itu, sebaiknya simak Tips dan Cara Hilangkan Bau Tanah Pada Ikan Gurame, berikut ini : Resep dan Cara Membuat Bebek Rica Kuah Santan Pedas, Gurihnya Bikin Nagih

Beli ikan gurame hidup

Ikan gurame segar memiliki citarasa yang istimewa dibandingkan ikan yang tidak segar. Selain rasa juga aroma ikan segar akan terasa lebih gurih saat dimasak. Selain itu, tekstur ikan segar jauh lebih kenyal dan tidak lembek apalagi hancur.

Netralisir ikan selama sehari semalam

Kebanyakan ikan air tawar memiliki bau tanah, karena memang dipelihara dalam kolam yang penuh lumpur. Akibatnya, tanah/lumpur ini masuk ke dalam insang dan menyebar kedalam daging sehingga daging jadi bau tanah/lumpur. Untuk menghilangkannya, maka kita bisa meteralisir ikan gurami, yakni : tidak langsung memasak ikan gurami, tapi menetralisir kedalam air bersih selama sehari semalam. Cara itu akan membuat kotoran dalam insang dan sisik serta daging menghilang. Baru setelah itu, Anda bisa memotong, membersihkan dan memasak sesuai selera.

Baluri air jeruk nipis

Setelah dibersihkan kotorannya, Anda bisa membalurkan air jeruk nipis agar aroma amisnya hilang dan daging ikan jadi lebih kesat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas kembali hingga bersih.

Merendam gurami dalam bumbu sebelum diolah

Agar rasa daging gurame terasa gurih dan lezat, pastikan rendam dulu kedalam bumbu hingga meresap kedalam (marinade). Baru setelah bumbu meresap, Anda bsia mengolah sesuai selera, baik digoreng, panggang atau dibakar.
Ternyata untuk menghilangkan bau tanah pada ikan gurami sangatlah mudah, bukan? Jika demikian, jangan lagi malas masak ikan gurame lagi yak arena nutrisinya bermanfaat memenuhi kebutuhan gizi keluarga.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »