Loading...
sss

Menu Masakan Sehari-Hari yang Enak dan Murah Meriah, Pas Banget Untuk Yang Berhemat

DapurOnlineku - Makin hari, harga kebutuhan pokok makin meningkat. Hal ini tentu membuat para ibu pusing tujuh keliling, karena meski sudah berhemat, namun tetap saja masih sering nombok. Jika dulu uang belanja 50 ribu saja sudah cukup untuk makan keluarga sehari, bahkan masih ada sisa yang bisa ditabung. Sekarang, boro-boro buat ditabung, bisa cukup buat belanja sehari saja sudah syukur Alhamdulillah. Naiknya harga kebutuhan pokok membuat banyak ibu merasa kebingungan mengatur uang belanja, terutama untuk kebutuhan makan sehari-hari. Tapi tidak perlu cemas apalagi mengeluh terus-terusan, lebih baik memikirkan bagaimana solusi agar uang belanja yang diberikan suami tidak nombok tiap bulan.  Merencanakan menu harian menjadi satu cara paling tepat untuk mengontrol pengeluaran. Menu makanan yang dipilih tentu tetap harus memperhatikan kandungan nutrisinya, jangan sampai karena ingin hemat lantas keluarga jadi sakit-sakitan akibat kurang gizi.  Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap yang Sederhana Namun Sangat Enak
Bingung menu masakan sehari-hari yang seperti apa yang tidak hanya enak dan bergizi, tapi juga bisa membantu menghemat jatah uang belanja Anda? Agar lebih jelasnya, simak Menu Masakan Sehari-Hari yang Enak dan Murah Meriah, Pas Banget Untuk Yang Berhemat, berikut ini :Tips dan Cara Bersihkan Kompor Gas Dari Kotoran, Minyak dan Lemak

•    Cerdas membeli bumbu masakan

Untuk bumbu masakan, jangan beli yang eceran, tapi belilah dalam jumlah besar, misalnya : ½ kg bawang putih dan bawang merah, cabai campur ¼ kg, dan lainnya. Membeli eceran tentu jauh lebih boros.

•    Buat bumbu dasar

Jika ingin simple dan praktis, Anda bisa membuat bumbu dasar, contohnya : bumbu kuning, bumbu merah, bumbu putih dan lainnya. Jadi sangat memudahkan banget, karena tak perlu ribet-ribet meracik dan ngulek bumbu lagi.

•    Kreatif mengolah bahan

Lauk tahu tempe goring saja, tentu membuat keluarga merasa bosan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat tahu telur, nugget tempe, sambal tempe, tahu bali atau yang lainnya.

•    Lauk mahal tak masalah, asalkan…

Untuk lauk, Anda bisa memilih jenis lauk yang harganya ramah di kantong. Tidak harus yang murah, karena lauk mahal juga tidak masalah asalkan Anda bisa menyiasatinya agar tidak sampai nombok, misalnya : daging diolah menjadi bakso sehingga bisa dicampurkan pada sup/capcay atau yang lainnya, daging ayam diolah menjadi nugget sehingga bisa dinikmati selama beberapa hari, dan lainnya.

•    Buat sayur yang simple

Pilih jenis sayur yang murah dan pilih metode masak yang tidak ribet, seperti : sayur bening, tumis, urap dan lainnya. Cara ini tidak hanya membantu berhemat, tapi juga menyingkat waktu karena memang cara membuatnya sangat mudah/cepat.

•    Buat sambal dalam jumlah banyak

Makan terasa kurang lengkap jika tidak ada sambal?  Jika keluarga Anda termasuk penggemar sambal, ada baiknya membuatnya dalam jumlah banyak sehingga lebih hemat dan praktis karena tidak perlu ribet masak sambal tiap hari. Sekali buat sambal bisa dinikmati selama seminggu. Dijamin akan jauh lebih hemat.
Contoh Menu Hemat Enak dalam seminggu dengan alokasi biaya kurang dari 30 ribu-an

Senin :

Sayur kunci bayam oyong
Dadar jagung
Ikan pindang tongkol iris
Sambal bawang

Selasa :

Sayur asem
Tempe goreng
Ayam fillet goring tepung
Sambal terasi

Rabu :

Sayur sop
Telur dadar padang
Tahu goreng
Sambal kecap

Kamis

Lodeh campur
Ikan goreng
Tahu telur
Sambal terasi

Jum’at

Bali telur dan tahu
Oseng kangkung
Sambal bajak

Sabtu

Sayur dan bumbu pecel lengkap
Rempeyek udang
Tempe goring

Minggu

Capcay Kuah
Chicken katsu
Sambal tomat
Dari menu seminggu yang kita sebutkan diatas, Anda bisa memodifikasinya lagi untuk menu pada minggu-minggu berikutnya. Sangat mudah dan simple, bukan? Semoga informasi diatas dapat menginspirasi Anda semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...