sss

Tips Membuat Rempeyek Renyah, Gurih, dan Tahan Lama

Rempeyek termasuk makanan khas Indonesia yang nikmat dan renyah karena dibuat dari perpaduan tepung terigu dan bahan-bahan pilihan lainnya.  Selain berfungsi sebagai cemilan, Rempeyek juga menjadi pelengkap makan layaknya krupuk. Isi Rempeyek sangat beragam, tergantung selera seseorang. Meski demikian, ada beberapa nama rempeyek yang cukup terkenal karena rasanya yang nikmat, yakni : rempeyek kacang tanah, rempeyek kedelai, rempeyek udang, rempeyek teri, rempeyek sayuran, dan lainnya.
Membuat rempeyek yang renyah, gurih, dan tahan lama tidaklah mudah. Salah pemilihan bahan dan penyimpanan akan membuat rempeyek keras, alot dan mudah tengik. Nah, disini Dapuronlineku akan menyajikan tips membuat rempeyek renyah, gurih, dan tahan lama, yakni :

Pemilihan tepung yang berkualitas

Tepung merupakan bahan dasar membuat peyek yang renyah dan enak, karena itu pastikan Anda memilih tepung yang berkualitas baik, misalnya : putih bersih, tidak apek dan kering sempurna. Sebelum membuat rempeyek, Anda harus mengayak tepung hingga bersih.

Bumbui dengan  rempah pilihan

Agar rempeyek terasa gurih dan nikmat, Anda harus membumbui rempeyek dengan rempah berkualitas, diantaranya : bawang putih, ketumbar, kencur, merica, kunyit, dan daun jeruk purut.

Sesuaikan antara isi rempeyek dengan bumbu dan bahan lainnya

Gunakan isi rempeyek sesuai selera, misalnya kacang tanah, udang, kedelai, teri, dan lainnya. Agar rempeyek sesuai harapan, Anda harus memperhatikan apa yang akan menjadi isi rempeyek dan cara memperlakukannya, misalnya : kacang tanah yang harus diiris agar matang sempurna, teri yang tidak perlu terlalu banyak menambahkan garam agar tidak keasinan, kacang kedelai yang harus direndam terlebih dahulu agar cepat empuk/kering, dan lainnya.

Tekstur adonan yang tepat

Agar hasil rempeyek bisa pas banget (renyah dan gurih) maka Anda harus membuat adonan rempeyek yang tepat, yakni jangan terlalu encer/kental.

Penggunaan wajan yang tepat

Wajan yang digunakan untuk menggoreng rempeyek haruslah tepat dan tidak mudah lengket sehingga rempeyek bisa dibentuk sesuai keinginan. Goreng rempeyek menggunakan sendok mengitari dinding wajan.

Minyak goreng yang bersih dan banyak

Pemilihan minyak untuk menggoreng rempeyek haruslah tepat, yakni : jernih dan bukan bekas menggoreng bahan lainnya. Selain itu, penggunaan minyak haruslah banyak agar panasnya merata dan rempeyek bisa matang sempurna.

Proses menyimpan rempeyek

Penyimpanan yang tepat akan membuat rempeyek lebih awet renyah  dan tidak mudah tengik. Setelah rempeyek matang, tiriskan terlebih dahulu dengan tissue. Tunggu sampai rempeyek dingin, baru masukkan kedalam wadah tertutup.
Semoga tips membuat Rempeyek Renyah, gurih dan tahan lama diatas dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda memasak di dapur.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »