sss

Jurus Memasak Cepat dan Enak

Suka makan enak, tapi males ribet di dapur. Walhasil, beli makanan diluar jadi pilihan. Memang sich, diluar sana banyak makanan enak yang tinggal tunjuk dan bayar, kita bisa langsung menikmatinya. Tapi, apakah kita yakin kalau makanan yang kita beli tersebut diolah dengan cara yang benar dan sehat? Bagaimana jika proses pencuciannya tidak higienis, bagaimana kalau mereka menggunakan bahan-bahan berbahaya (missal : MSG, pemanis buatan, pewarna buatan, dan pengawet buatan), dan bagaimana pula jika penyimpanan makanan tidak benar (missal : tercemar udara kotor, lalat, dan lain sebagainya).  (Baca juga : Jurus Ampuh Menaklukkan Hati dan Dompet Suami)
Hanya karena malas, apakah Anda rela mempertaruhkan kesehatan keluarga? Enggak khan! Nah, solusi terbaik adalah memasak sendiri. Selain lebih sehat dan aman, memasak sendiri juga lebih hemat. Tapi memasak sendiri kan ribet banget, padahal saya harus berangkat ke kantor pagi-pagi sekali. Siapa bilang memasak itu ribet dan memakan banyak waktu? Memasak itu sangat mudah dan menyenangkan loh, apalagi kalau sudah tahu jurusnya. Hanya butuh waktu sekejap saja, Anda sudah dapat menyajikan aneka hidangan yang lezat untuk keluarga.
Nah, agar sukses memasak tanpa memakan banyak waktu, simak Jurus Memasak Cepat dan Enak berikut ini :

1.    Siapkan bumbu masak siap pakai di dalam kulkas

Agar proses memasak tidak memakan banyak waktu, Anda bisa menyiapkan aneka bumbu yang biasa dipakai dalam memasak, misalnya :
a.    Meracik bumbu pecel dengan jumlah yang cukup banyak, lalu membawanya ke tukang giling. Bumbu pecel bisa disimpan dan digunakan pada saat yang dibutuhkan.
b.    Memblender bawang merah, bawang putih dan merica dan menumis bumbu hingga matang, lalu disimpan di kulkas. Bumbu ini bisa digunakan untuk memasak beraneka masakan dari mulai mie goreng, sop, semur, ayam kecap, dan lain sebagainya. Jadi, ketika masak, Anda tinggal menambahkan bahan dan bumbu tambahan lainnya. (Baca juga : Resep Semur Bandeng Tahu Gembos)
c.    Menggiling cabe kemudian mengukus atau menumis hingga matang juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mempercepat waktu memasak Anda. Jadi ketika dibutuhkan, Anda tinggal mengambil dan menambahkan dalam masakan.
d.    Siapkan juga saus tomat, saus cabe, kecap, dan aneka bumbu tambahan lainnya yang melezatkan masakan Anda.

2.    Siapkan bahan yang akan dimasak

Salah satu kunci memasak cepat adalah persiapan bahannya. Untuk itu, sebelum persiapan memasak, ada baiknya Anda memastikan semua bahan yang akan diolah sudah tersedia. Lebih baik jika sayuran dan ikan sudah dalam kondisi terpotong rapi dan bersih. Apabila Anda ingin memasak daging atau ayam, pastikan sebelumnya sudah dipresto dan disimpan didalam kulkas, sehingga pada saat memasak, Anda tidak perlu banyak waktu lagi. Hem, dijamin bakal singkat banget dech waktu memasaknya.

3.    Pilihlah alat masak yang baik

Selain menyiapkan bumbu dan bahan yang akan dimasak, pemilihan alat masak juga ikut membantu mempercepat proses memasak. Pilihlah alat masak yang bagus dan multi fungsi, misalnya : microwave, double pan, presto yang membuat waktu masak Anda menjadi singkat.

4.    Pilihlah jenis masakan yang cepat

Agar lebih cepat dan singkat waktu memasak Anda, pilihlah jenis masakan yang cepat, misalnya : sayur asem, cah kangkung, sayur bening bayam, tumis sawi, asem-asem daging, dan lain sebagainya. (Baca juga : Resep Cah Kangkung Praktis dan Lezat)
Dengan menerapkan Jurus Memasak Cepat dan Enak diatas, Anda tidak hanya akan disayang suami karena membantunya berhemat, tapi juga bakal disayang anak-anak karena selalu menyediakan aneka makanan yang tidak hanya lezat tapi juga menyehatkan. Semoga bermanfaat yaa!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »