sss

Tips dan Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas penggorengan ini lumayan penting dipelajari, mengingat  harga minyak goreng kian melambung akhir-akhir ini. Sebenarnya berapa kali sich kita bisa menggunakan minyak goreng? Biasanya minyak goreng bisa digunakan 2-3 kali, namun tetap saja tergantung bahan apa yang digoreng. Karena ada bahan yang meskipun baru satu kali pemakaian minyak goreng, tapi sudah berwarna kecoklatan atau kehitaman.
Rasanya sayang sekali bukan kalau minyak baru sekali pakai harus dibuang, apalagi kalau jumlahnya banyak. Hem, daripada Anda pusing memikirkan nasib minyak goreng tersebut, baiknya simak Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas berikut ini :

Menjernihkan dengan Nasi

Ternyata nasi sangat membantu pekerjaan kita di dapur loh, karena dapat membantu menjernihkan minyak dari remah-remah yang tertinggal di penggorengan. Bagaimana cara menjernihkan minyak goreng dengan nasi? Setelah selesai menggoreng, ambil segenggam nasi lalu bulatkan hingga padat. Setelah itu, masukkan kedalam penggorengan yang masih panas, bolak-balik dan tekan nasi hingga semua remah dan kotoran pada minyak menempel pada nasi. Dengan demikian, minyak goring Anda akan kembali jernih.

Menjernihkan minyak dengan kentang

Ambil 1 buah kentang, lalu kupas dan potong menjadi 4 bagian. Kemudian masukkan pada minyak kotor yang dalam kondisi panas. Jangan lupa aduk-aduk kentang hingga kotoran minyak dapat menempel sempurna pada kentang. Setelah jernih, maka minyak goreng Anda bisa digunakan untuk menggoreng lagi.

Menjernihkan minyak Ampas Nanas

Kenapa harus ampas nanas? karena ampas nanas mempunyai kemampuan dalam menyerap kotoran sebagaimana karbon aktif sehingga sangat ampuh untuk menjernihkan minyak. Cara menggunakan ampas nanas, yakni : kumpulkan ampas nanas, cuci bersih, lalu keringkan hingga berbentuk karbon. Setelah kering, Anda bisa memblender ampas tersebut hingga berbentuk serbuk. Serbuk itulah yang nantinya dimasukkan dalam minyak goreng bekas selama 2-3 jam. Kemudian saring minyak, dan trataa… minyak akan menjadi jernih kembali.

Menjernihkan dengan buah mengkudu

Bagaimana cara menjernihkan minyak dnegan mengkudu? Ambil satu buah mengkudu yang sudah masak, lalu tumbuk hingga halus dan ambil sarinya. Dengan sari mengkudu itulah kita bisa menjernihkan minyak, yakni dengan mencampurkannya pada minyak kotor hingga 5-10 menit. Lalu panaskan minyak dan saring minyak serta buang endapannya.
Semoga Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas diatas dapat membantu Anda dalam menghemat pemakaian minyak goreng. Hidup emak Irit!!!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »