sss

Cara Membuat Cilok Enak dan Mudah

Jajanan cilok pasti sudah tidak asing buat kita semua, karena kita bisa menemukan penjual cilok di tempat-tempat keramaian, misalnya di sekolah, di taman kota, alun-alun, dan lain sebagainya. Sayangnya, ada beberapa oknum pedagang cilok nakal yang tega mencampur dagangannya dengan bahan-bahan berbahaya. (Resep Sarang mie telur puyuh)
Untuk menyiasatinya, ada baiknya kita membuatkan cilok sendiri untuk anak-anak di rumah. Cilok buatan sendiri akan lebih sehat, aman dan pastinya enak. Membuat cilok tidak semudah yang dibayangkan loh, karena salah langkah akan membuat cilok keras dan tidak nikmat. (Resep Cemilan dan Gorengan lainnya) Untuk itu, saya akan share cara membuat cilok enak dan mudah berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

200 gr Tepung kanji
200 gr Tepung terigu
200 gr Daging sapi, cincang halus
3 bh Bawang putih, haluskan
1 sdt Merica bubuk
1 sdm Garam
½ sdt Gula pasir
1 btr Telur

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung, kemudian bagi menjadi dua. Campur separuh tepung dengan air, lada dan bawang putih halus, aduk hingga larut. (Baca tips keren memasak lainnya)
  2. Rebus adonan dalam api kecil hingga mendidih dan mengental
  3. Setelah adonan dingin, campurkan tepung kering, daging sapi cincang, telur, dan kedalam adonan, uleni hingga rata dan kalis
  4. Panaskan air dalam panci hingga mendidih
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil sesuai selera, lalu masukkan kedalam air mendidih
  6. Masak hingga cilok mengapung, kemudian kukus kedalam dandang hingga matang sempurna
  7. Cilok siap disajikan bersama saus tomat, saus cabe, atau sambel kacang.
Gimana, mudah sekali bukan? Anda bisa membuat cilok dalam jumlah yang besar, kemudian menyimpannya ke dalam kulkas. Baru ketika mau dimakan, Anda bisa menghangatkannya kedalam magic com. Membuat cilok sendiri tentu lebih nikmat, aman, dan hemat uang jajan he he he... selamat memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »