sss

Tips Memilih Daging Ayam yang Segar

Suka memasak ayam? Jika iya, maka ada satu hal yang patut Anda perhatikan sebelum memutuskan mengolah daging ayam, yakni cara memilih daging ayam yang segar. pemilihan daging ayam yang baik dan segar tidak hanya menentukan rasa masakan, tapi juga mencegah dari bahaya akibat mengonsumsi daging ayam yang tidak tepat, misalnya : ayam tiren, ayam berformalin, atau daging ayam busuk. (Baca juga aneka olahan ayam)
Membedakan mana ayam yang segar dan mana yang sudah lama memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, dalam tips memasak kali ini saya akan bagikan ilmu tentang tips memilih daging ayam yang segar dan baik. Nah, agar lebih jelasnya, simak ciri-ciri ayam yang segar berikut ini :

•    Perhatikan warnanya

Daging ayam yang segar berwarna putih keabuan dan terlihat cerah. Sementara itu kulit ayam yang segar berwarna putih kekuningan dan terlihat bersih. (Baca juga : Manfaat Cuka untuk kesehatan dan kecantikan)

•    Perhatikan teksturnya

Sebelum memutuskan membeli ayam, kenali dulu tekstur ayam yang segar, yakni kulitnya akan terasa elastis dan kenyal saat ditekan. Dan pabila Anda menyentuh dagingnya, pastikan terasa lembab dan tidak lengket. Jadi hindari ayam yang apabila ditekan terasa keras atau terlalu lunak, karena ayam dengan ciri-ciri tersebut bukanlah ayam segar.(Baca juga : Khasiat labu kuning untuk kesehatan)

•    Perhatikan bentuk ayam

Saat ini, demi mengeruk untung besar, pedagang banyak melakukan kecurangan, misalnya menggelonggong ayam. Nah, untuk menghindari ayam gelonggong, pastikan Anda tidak memilih ayam yang terlihat bengkak apalagi becek berair, karena ayam tersebut sudah disuntik air agar lebih berat dari bobot aslinya.

•    Perhatikan pula baunya

Ayam segar memiliki bau khas yang tidak menyengat, tidak berbau amis, dan juga tidak berbau busuk. Jadi apabila menjumpai ayam dengan penampilan yang bagus, namun baunya terasa aneh, segera urungkan niat Anda untuk membeli. (Baca kisah menarik : Lara hati istri yang dipoligami)

•    Hindari tanda buruk lainnya

Ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk bahwa ayam tersebut segar atau tidak, diantaranya : tidak ada memar, tidak membiru, tulang tidak patah atau terluka, kulit tidak robek.

•    Perhatikan kemasan

Ketika memutuskan membeli daging ayam di supermarket, otomatis Anda tidak dapat melakukan hal yang tersebut diatas, misalnya menyentuh. Nah, untuk menyiasatinya, maka perhatikan ciri-ciri dagingnya, dan pastikan kemasan tertutup dengan baik dan benar.
Nah, setelah mendapatkan ayam yang baik dan segar, Andapun bebas mengolahnya menjadi aneka masakan yang enak dan menyehatkan untuk keluarga. Semoga tips memilih daging ayam yang segar diatas dapat menambah wawasan Anda.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »