sss

Tips Merawat dan Membersihkan Spons Cuci Piring Agar Tidak Menjadi Sarang Kuman

Apakah Anda menggunakan spons untuk mencuci piring dan perabotan dapur? Mencuci piring dan perabotan dapur menggunakan spons dapat membantu membersihkan  semua noda dan kotoran. Namun ternyata,  spons yang tidak terawat dan tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang kuman dan bakteri.  Lalu bagaimana jika hal tersebut tidak diatasi dengan baik dan benar?  Bisa jadi segala jenis bakteri dan kuman bisa ikut menempel pada alat makan dan perabotan dapur Anda.
Sayang sekali bukan, padahal kesehatan sangat mahal harganya. Nah, untuk menjaga agar spons tetap higienis, simak tips merawat dan membersihkan spons berikut ini :

•    Mencuci spons setelah digunakan

Ketika mencuci piring, spons pasti berhubungan dengan sisa makanan, bau, dan noda. Untuk itu, segera bersihkan spons agar tidak menjadi sarang kuman atau bakteri. caranya adalah : cuci spons menggunakan detergen anti kuman, keringkan dalam microwave selama dua menit, spons bisa digunakan kembali. Anda juga bisa merendam spons dalam larutan cuka untuk mengurangi bakteri, atau jika tidak memiliki microwave, Anda bisa merendam spons dengan sabun anti kuman dan air panas hingga 5-10 menit, kemudian cuci hingga bersih. (Aneka Resep Sambal Enak)

•    Jangan merendam spons

Kelembaban tinggi dalam pori-pori spons merupakan tempat ternyaman bagi bakteri. Karena itu, setelah menggunakan spons, usahakan langsung mencuci dan mengeringkannya. Jangan sekali-kali merendam spons dengan sisa sabun pencuci piring yang sudah digunakan, karena kuman akan semakin berkembang biak apabila terus direndam.(Tips-tips keren memasak)

•    Pisahkan spons untuk membersihkan area dapur dengan pencuci alat makan

Jangan mencampur adukkan spons untuk mencuci alat makan dan dapur, sebisa mungkin pisahkan spons khusus untuk mencuci alat makan.

•    Perhatikan Cara menggunakan spons agar awet

Selain memperhatikan cara merawat dan mencuci spons, Anda juga harus memperhatikan cara penggunaan spons pencuci piring. Jangan langsung menggosok alat makan yang didalamnya masih terdapat sisa makanan. Buang terlebih dahulu, siram dengan air, baru kemudian usap dengan spons dan sabun pencuci piring. Jika terdapat noda membandel pada alat makan, Anda bisa merendamnya agar kotoran hilang.

•    Ganti spons secara berkala

Agar spons pencuci perabotan dapur Anda tidak menjadi sarang kuman dan penyakit, usahakan untuk mencucinya secara berkala, yakni seminggu sekali. Sayang sekali bukan, jika alat makan dan perabotan yang Anda kira bersih justru menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Karena itu, lebih baik mencegahnya dengan mengganti spons baru.
Dengan cara diatas, tidak hanya spons pencuci piring Anda yang terbebas dari kuman dan bakteri, karena alat makan dan perabotan dapur Anda akan terbebas dari kuman dan bakteri yang menempel di spons. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »