sss

Tips Cerdas Menyimpan Tepung Agar Tidak Mudah Apek dan Rusak

Tepung merupakan salah satu bahan pokok untuk membuat kue, bubur, dan aneka makanan lainnya.  Ternyata menyimpan tepung tidak bisa sembarangan, karena salah penyimpanan justru membuat tepung berbau apek, menggumpal, kutuan, jamuran, dan rusak.  Sayang sekali bukan, jika tepung yang tadinya ingin diolah menjadi cemilan yang nikmat justru dibuang karena tidak layak dipakai.
Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, simak tips cerdas menyimpan tepung agar tidak mudah apek dan rusak berikut ini :

•    Perhatikan ketika membeli tepung

Pertama kali yang harus diperhatikan ketika membeli tepung adalah kemasannya. Pastikan tepung berada dalam kemasan yang tertutup rapat dan lihat juga tanggal kedaluarsanya. Jangan membeli tepung dengan kemasan robek atau rusak, karena bisa saja tepung terkontaminasi udara dan hewan.

•    Simpan di tempat sejuk dan kering

Agar tepung tetap berkualitas bagus, simpan di tempat yang sejuk dan kering. Hal ini bertujuan untuk mencegah tepung menyerap bau, kelembapan, dan mengundang serangga.

•    Simpan di freezer

Jika cuaca panas sekali, Anda bisa menyimpan tepung kedalam tempat tertutup, kemudian dimasukkan kedalam freezer. Dengan begitu, tepung akan terhindar dari bau tengik akibat oksidasi minyak.

•    Jangan simpan tepung lebih dari 6 bulan

Meskipun penyimpanan tepung sudah baik dan benar, namun alangkah bijaknya kalau kita tidak menggunakannya lagi jika sudah lebih dari 6 bulan karena dikhawatirkan cita rasa dan aroma tepung sudah berubah.

•    Hindari menyimpan tepung di dekat deterjen dan makanan beraroma kuat

Tepung mudah terkontaminasi bau, karena itu jangan letakkan tepung di dekat benda-benda atau makanan beraroma kuat.

•    Simpan tepung bersama anti serangga alami

Beberapa serangga seringkali menetap dan bertelur di dalam tepung yang tidak tersimpan dengan baik, untuk itu jangan lupa letakkan bahan-bahan alami yang membuat serangga takut, misalnya : daun pandan, daun jeruk, daun salam, dan lain sebagainya.
Semoga dengan penyimpanan yang benar, tepung bisa lebih awet dan bebas dari berbagai masalah (kutu, jamur, apek, menggumpal, dan lain sebagainya). Semoga tips menyimpan tepung diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »