sss

Tips Mebersihkan dan Merawat Peralatan Masak dari Kayu Agar Awet Dan Bebas Kuman

Peralatan dapur dari bahan kayu? Saya yakin masih banyak yang menggunakannya.  Yach, meskipun saat ini banyak peralatan dapur yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas lainnya, namun peralatan dari kayu tetap dibutuhkan dan  digemari karena lebih murah, awet, dan aman tentunya. Beberapa peralatan masak dari kayu yang cukup banyak digunakan, antara lain : talenan, parutan, sumpit, sendok, garpu, spatula, cobek, gelas, piring, dan lain sebagainya.
Tahukah Anda jika kebersihan peralatan masak dari kayu harus benar-benar terjaga, karena peralatan ini berhubungan langsung dengan makanan  yang kita olah. Bayangkan jika peralatan masak tersebut tidak terjaga kebersihannya, bukan tidak mungkin peralatan tersebut menyimpan ratusan kuman didalamnya yang jika digunakan untuk mengolah makanan justru dapat mempengaruhi rasa dan aroma makanan. Bukan itu saja, makanan yang terkontaminasi kuman dan bakteri tentunya dapat mengganggu kesehatan kita, bukan?
Nah, untuk itu Dapuronlineku akan menyajikan tips mudah membersihkan dan merawat peralatan masak dari kayu agar awet dan bebas kuman, yakni  :

•    Bersihkan dengan garam dan lemon

Lemon tidak hanya membersihkan kotoran dan sisa minyak yang menempel pada peralatan masak, tapi juga mengharumkan dan membebaskan perabotan Anda dari bakteri. Taburkan sedikit garam, kemudian gosok dnegan potongan lemon hingga merata, lalu bilas sampai bersih.

•    Kerik permukaan peralatan masak

Ketika Anda menggunakan peralatan masak untuk  mengolah makanan berlemak, mislanya daging, ayam, ikan, dan lain sebagainya.  Anda  jangan langsung mencuci perabot, tapi kerik dahulu bagian permukaan perabotan menggunakan pisau dapur. Setelah itu, baru dech bisa menggosok dengan lemon dan mencuci hingga bersih.

•    Hindari merendam peralatan masak dari kayu

Merendam peralatan masak dari kayu terlalu sering akan membuatnya cepat rusak/lapuk. Selain itu, dapat menyebabkan bau kurang sedap yang dapat mempengaruhi aroma dan citarasa masakan.

•    Lap dan keringkan

Setelah peralatan masak dicuci sampai bersih, jangan lupa untuk mengelap dan mengeringkannya. Karena kondisi basah atau lembab membuat peralatan masak dari kayu mudah terkontaminasi kuman/bakteri dan jamur.

•    Gunakan garam dan baking soda

Untuk membebaskan peralatan masak dari noda dan kotoran, Anda bisa menaburkan garam dan baking soda, kemudian menggosoknya dengan kuas yang dicelup air panas.

•    Gunakan cuka

Untuk mencegah peralatan masak dari bau tidak sedap, Anda bisa menyemprotkan cuka, karena cuka bermanfaat menetralisir bau.
Setelah dibersihkan dengan benar,  Anda harus menyimpan peralatan masak dari bahan kayu di tempat yang kering dan bersih. Selamat mencobaa!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »