sss

Tips Merebus Telur Lebih Enak dan Tidak Mudah Retak

Telur merupakan salah satu makanan kaya protein dan vitamin yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Jenis telur hewan unggas yang biasa dikonsumsi sangat beragam, ada telur ayam, telur bebek, telur puyuh, dan lainnya. Telur banyak dipilih karena rasanya enak, mudah didapatkan, harganya murah, dan paling mudah diolah menjadi makanan yang nikmat.
Menurut berbagai publikasi dari Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia, kandungan gizi telur cukup besar loh, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Mengingat besarnya kandungan gizi dalam telur, tak heran jika telur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Sambal telur/dok pribadi
Biasanya telur diolah dengan cara di goreng, didadar, dan di rebus. Merebus telur yang tepat dan enak tidak mudah, karena adakalanya air mendidih membuat telur berbenturan hingga akhirnya retak/pecah. Akibatnya cairan telur meluber kemana-mana dan membuat penampilan telur menjadi tidak bagus dan berbau amis. Nah, untuk mengatasi hal itu, Dapuronlineku akan menyajikan tips merebus telur lebih enak dan tidak mudah retak, yakni:

•    Mencuci telur

Sebelum merebus, pastikan telur sudah dalam kondisi bersih. Cuci dan bersihkan kotoran yang menempel karena kulit telur yang retak rentan terkontaminasi rasa dan bau dari luar.

•    Merebus telur

Sebelum memasukkan telur kedalam panci rebusan, pastikan telur berada dalam suhu normal. Memasukkan telur dingin (baru keluar dari kulkas) akan membuat proses merebus lebih lama.

•    Tambahkan garam atau cuka

Penambahan garam akan membantu cangkang telur tidak mudah retak dan memudahkan proses pengupasan. Sedangkan pemakaian cuka dapat mencegah isi telur meluber keluar ketika ternyata ada cangkang telur yang retak.

•    Terendam penuh

Pastikan semua telur yang direbus berada didalam air atau terendam penuh agar mendapatkan telur rebus dengan kematangan sempurna.

•    Jangan terlalu lama memasak telur

Memasak telur terlalu lama justru membuat tekstur putih telur kurang bagus atau kenyal mirip karet. Untuk itu, segera matikan 10 menit setelah air mendidih. Kemudian, Anda bisa merendam telur kedalam air dingin untuk menghentikan proses perebusan. Selain itu, cara ini juga akan mempermudah proses mengupas telur.
Setelah telur rebus matang, Anda bisa mengolahnya menjadi aneka hidangan lezat, misalnya : telur bumbu bali, telur kare, balado telur, sambal telur, atau yang lainnya. 

Tips untuk mengetahui telur sudah matang sempurna, yakni :

Angkat satu telur dari panci, kemudian perhatikan, jika cangkang telur langsung mengering/bebas dari air yang lengket di cangkang, berarti telur sudah matang. Sebaliknya jika telur masih basah/air masih menempel pada telur, artinya masih mentah dan Anda bisa melanjutkan proses perebusan.

Tips mengiris telur lebih cantik dan tidak lengket :

Agar kuning telur tidak lengket saat diiris, Anda bisa membasahi pisau terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengiris telur.
Semoga tips diatas dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam mengolah aneka hidangan lezat untuk keluarga tercinta. Selamat Memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »