sss

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Lebih Gurih

Gambar
Siapa sich yang tidak tergoda saat mencium aroma olahan ikan asin? Ikan asin memang bukan makanan yang mahal, bahkan bisa dikatakan sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Namun tahukah Anda jika ikan asin termasuk makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Bahkan dibalik harga ikan asin yang murah, tersimpan kandungan gizi yang besar, yang diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, energi, lemak, dan masih banyak yang lainnya. Ikan asin bisa kita dapatkan dengan mudah di warung-warung tukang sayur, maupun pasar tradisional. (Tips memilih, menyimpan dan mengolah sayuran)
Sayangnya, besarnya minat masyarakat terhadap ikan asin, membuat beberapa produsen nakal mencampur bahan kimia berbahaya agar tampilan ikan asin lebih menarik dan tahan lama, misalnya : formalin. Bahan kimia tersebut tentulah sangat berbahaya apabila terus menerus masuk kedalam tubuh kita, karena itu Dapuronlineku akan menyajikan tips memilih dan mengolah ikan asin agar enak dan gurih. (Jangan pelit berbagi Ilmu, Saudaraku)

Tips Memilih Ikan Asin yang baik dan bebas bahan kimia berbahaya

•    Perhatikan aroma khas ikan asin, karena ikan asin berbahan kimia cenderung tidak mempunyai aroma khas/bau khasnya hilang akibat zat kimia
•    Tekanlah daging ikan asin, pastikan memiliki tekstur daging kenyal dan lebih lunak, karena menandakan ikan asin tersebut bebas pengawet
•    Pastikan memilih ikan asin yang tidak busuk, dagingnya rusak/lembek.
•    Hindari memilih ikan asin yang keras/alot, karena umumnya mengandung bahan kimia berbahaya
•    Perhatikan warna ikan asin, biasanya ikan asin bebas kimia berbahaya memiliki warna yang kurang menarik, misalnya coklat, gelap/hitam. Sedangkan ikan asin yang bersih dan cenderung putih bisa jadi mengandung zat kimia berbahaya.
•    Perhatikan apakah ikan asin bebas lalat, jika iya maka hindari karena tandanya ikan asin tersebut mengandung bahan kimia. Karena lalat tidak suka hinggap pada makanan yang mengandung bahan kimiia berbahaya.
Setelah memilih ikan asin yang baik, Anda pasti ingin tahu khan bagaimana cara mengolah ikan asin menjadi lebih lezat dan tidak terlalu asin? Untuk itu, simak terus penjelasan dalam artikel ini.

Tips Mengolah Ikan Asin agar lebih lezat dan tidak terlalu asin

•    Cuci ikan asin hingga bersih. Untuk membersihkan kadar logam berat dalam ikan asin (jenis ikan yang besar), maka Anda bisa merendamnya kedalam larutan cuka sebentar.
•    Potong kepala ikan dan buang isi perutnya agar tidak pahit dan tidak bau anyir ketika di masak
•    Menghilangkan rasa asin berlebihan dengan cara : merendam ikan asin kedalam larutan garam, atau dengan cara merendam bersama kertas koran. Cara tersebut terbukti ampuh menyerap rasa asin dari ikan.
•    Agar rasa ikan asin lebih gurih, Anda bisa merendam ikan asin pada air panas, atau merebusnya sebentar, baru kemudian di olah sesuai selera
•    Agar ikan asin tidak hancur saat digoreng, Anda bisa mengalasi/membungkus ikan asin menggunakan daun bayam, talas, atau sayuran lainnya yang aman dikonsumsi.
•    Agar ikan asin lebih renyah dan nikmat, Anda bisa mencelupkannya kedalam tepung beras sebelum digoreng.
•    Mencampur ikan asin dengan aneka bumbu akan membuat olahan ikan asin semakin sempurna.
Ternyata mudah sekali bukan cara memilih dan mengolah ikan asin yang lezat dan gurih. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »