sss

Trik Memasak Sambal Enak dan Tidak Cepat Basi

Sambal Udang
Sambal termasuk salah satu menu pelengkap yang wajib ada dalam semua makanan. Bagi pecinta makanan pedas, sambal merupakan salah satu peningkat selera makan. Bahkan salah satu penentu enak dan tidaknya makanan tergantung dari sambalnya. Di Indonesia sendiri, kita bisa menemukan berbagai jenis sambal, dari mulai sambal terasi, sambal bajak, sambal bawang, sambal petis, sambal udang, sambal teri, sambal kecap, sambal kacang, dan lain sebagainya. (Gambar Lucu dan Menghibur)
Membuat sambal bisa dibilang sangat mudah, karena pada dasarnya bahan-bahan untuk membuat sambal tidak jauh beda antara satu jenis sambal dan lainnya. Meski begitu, mengulek sambal setiap hari seringkali membuat sebagian orang merasa malas. Eits, jangan khawatir, karena kalian bisa membuat sambal sekalian dalam jumlah banyak untuk digunakan berhari-hari. (Aneka manfaat Tanaman untuk Obat dan Kecantikan)
Tapi membuat sambal yang enak dan tidak mudah basi tidak gampang loh. Dibutuhkan trik khusus saat memasak sambal agar rasanya tidak hanya enak, tapi juga lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Nah, agar tidak penasaran, simak trik memasak sambal berikut :

•    Pemilihan bahan yang berkualitas

Agar sambal lebih enak dan tidak mudah basi, pilihlah bahan sambal yang berkualitas baik dan segar. Selain itu, perhatikan pula proses pencucian bahan yang benar.

•    Pengggunaan alat dan wadah penyimpanan

Agar rasa sambal enak, sehat, dan tidak mudah basi, pastikan penggunaan alat masak yang steril dan kering. Selain itu, alat penyimpanan sambal juga harus bersih dan kering ya..

•    Memasak bahan sambal sampai matang

Agar sambal tidak bau langu dan tidak mudah basi, Anda bisa memasak bahan sambal sebelum diulek. Selain itu, memasak bahan sambal juga memudahkan proses mengulek sambal. Cara memasak bahan yang biasa dilakukan, misalnya : mengukus, atau menggoreng. Jika Anda memilih cara mengukus, setelah sambal diulek, Anda bisa menumisnya hingga matang sempurna.

•    Diulek atau diblender?

Agar rasa sambal lebih enak dan menggugah selera, mengulek tetap menjadi pilihan terbaik. Memblender akan membuat biji cabe/tomat menjadi halus yang mengurangi rasa alaminya atau bahkan membuat rasa sambal jadi getir/pahit. Mengulek akan membuat penampilan  sambal lebih menggoda dan aromanya lebih terasa.

•    Penyimpanan sambal

Sambal yang sudah ditumis hingga matang sempurna biasanya akan tahan selama tiga hari pada suhu ruangan. Namun jika Anda simpan ke dalam kulkas, sambal akan bisa bertahan hingga satu bulan. Namun ingat, setelah Anda mengambil sambal, jangan lupa untuk menghangatkan/menumis kembali agar sambal tidak cepat basi. Ada baiknya sambal disimpan dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi kuman/jamur.
Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda dalam mengolah aneka masakan untuk keluarga. Selamat memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »