sss

Tips Memilih dan Mengolah Kepiting yang Tepat dan Berkualitas

Gambar
Kepiting termasuk salah satu primadonanya pecinta seafood. Selain rasanya yang nikmat, Kepiting juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, diantaranya  : Protein, Vitamin B12, Asam lemak Omega-3mineral selenium, mineral cooper,  dan zinc. Kepiting bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, diantaranya : kepiting saus asam manis, kare, kepiting telur, dan lain sebagainya. Citarasa kepiting yang nikmat seringkali membuat penggemarnya ketagihan, namun seperti yang kita tahu di beberapa restoran seafood, harga kepiting bisa di bilang paling fantastis.
Agar Anda bisa menikmati olahan kepiting tanpa khawatir kantong bolong, memasak sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena, kita bisa mendapatkan kepiting dengan mudah di pasar tradisional, di pasar ikan, atau langsung dari nelayan penangkap kepiting. Untuk mendapatkan hasil olahan kepiting yang nikmat, Anda harus memperhatikan cara memilih dan mengolah kepiting yang tepat dan benar. Salah memilih akan membuat olahan kepiting tidak sesuai harapan, misalnya : bau, tidak ada dagingnya, dan tidak segar.
Agar tidak salah pilih, simak tips memilih dan mengolah kepiting yang tepat dan benar berikut ini :

•    Pilih kepiting yang masih segar dan hidup

Untuk melihat kepiting masih segar dan hidup adalah dari matanya yang bergerak keluar masuk. Selain itu, kepiting akan bergerak ketika disentuh.

•    Pilih kepiting yang gemuk dan berat

Kepiting yang terlihat gemuk dan berat biasanya memiliki daging yang tebal/penuh didalamnya.

•    Pilih kepiting yang tua

Kepiting tua memiliki daging yang  lebih full dan mudah dikeluarkan dibandingkan kepiting muda.  Untuk memastikan kepiting sudah tua, Anda bisa menekan sedikit pada cangkangnya. Jika terasa  keras, artinya kepiting tua. Jika cangkangnya terasa empuk berarti masih muda.

•    Pilih kepiting yang cangkangnya bersih dan mengkilap

Kepiting yang cangkangnya bersih dan mengkilap biasanya masih baru dan sangat direkomendasikan karena rasa dagingnya pasti lebih manis dan nikmat.

Tips mengolah kepiting yang aman dan benar

•    Segera olah kepiting yang masih hidup

Pastikan Anda segera mengolah kepiting yang masih segar dan hidup, karena hal ini akan membuat cita rasanya lebih nikmat dan kualitas dagingnya juga terjaga.

*  Belah kepala kepiting

Pastikan kepiting sudah mati sebelum Anda melepas talinya. Karena kepiting hidup akan membuat Anda kesulitan membersihkan dan mengolahnya. Belah  bagian kepala kepiting hingga tubuhnya, diamkan beberapa saat, baru dech Anda lepas tali pengikatnya.

•    Cuci cangkang kepiting hingga bersih

Cuci kepiting pada air mengalir sampai bersih dan bebas dari tanah atau lumpur yang menempel di cangkangnya. Jangan merendam kepiting agar cairan tubuhnya tidak larut dan membuat rasa kepiting menjadi hambar.

•    Buang bagian pantatnya

Pada bagian bawah perutnya, terdapat bagian yang bisa ditarik, yakni  pantat kepiting. Buang bagian tersebut dengan cara menariknya sampai putus, karena memang  tidak ada manfaatnya.

•    Bersihkan dalam perutnya

Anda bisa membuka cangkangnya dan mencuci bagian isi perutnya yang berupa cairan  warna hijau sampai bersih.

•    Pecahkan cangkangnya agar bumbu meresap

Memecah cangkang kepiting pada bagian capit dan kaki akan membuat bumbu lebih mudah  meresap ke dalam dagingnya. Selain itu, Anda akan lebih mudah menikmatinya.

•    Perhatikan waktu memasak

Untuk mendapatkan daging kepiting yang nikmat dan tidak alot, pastikan jangan terlalu lama memasak kepiting.
Semoga Tips Memilih dan Mengolah Kepiting yang Tepat dan Benar diatas dapat menambah wawasan dan pengetauan  Anda dalam mengolah hidangan untuk keluarga.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »