sss

Tips dan Trik Agar Sayur Tidak Pahit Saat Dimasak

Pernahkah Anda kehilangan selera makan gara-gara mengonsumsi sayuran pahit? Rasa pahit memang paling tidak disukai dalam setiap masakan. Namun rasa pahit pada beberapa sayuran bukan berarti tidak sehat loh, justru sebaliknya sayuran pahit mempunyai sifat tertentu yang baik untuk kesehatan, siantaranya : flavonoid, polifenol, glocopyranosides dan salicin. (Bahaya demam pada anak dan cara mengatasinya)

Sebuah jurnal Gizi di Amerika menyebutkan bahwa antioksidan dalam sayuran umumnya memiliki rasa pahit namun sangat ampuh membunuh kuman dan parasite yang merugikan tubuh. Diantara jenis sayuran yang memiliki rasa pahit namun kaya kandungan gizi yang penting untuk kesehatan, antara lain : sawi, pare, daun papaya, lobak, leunca, dan lain-lain.
Menghindari sayuran pahit bukanlah solusi yang tepat, karena dengan beberapa trik dan tips memasak yang tepat, sayuran pahit dan kaya gizi tersebut bisa disulap menjadi olahan yang nikmat dan menggugah selera. Ingin tahu apa saja tips dan trik agar sayur tidak pahit saat dimasak, simak informasinya berikut :

Hindari memasak terlalu lama

Sayuran yang terlalu lama dimasak dapat menyebabkan rasa pahit, misalnya : sawi dan brokoli. Oleh karena itu usahakan waktu memasak sesingkat mungkin.

Metode memasak yang benar

Sayuran pahit bisa menjadi nikmat asalkan diolah dengan metode yang tepat. Metode yang direkomendasikan untuk mengolah sayuran pahit, antara lain : mengukus, menumis dengan minyak zaitun, menambahkan air perasan lemon saat memasak.

Gunakan garam

Garam bisa dimanfaatkan untuk menetralisir rasa pahit pada sayuran. Anda bisa menambahkan pada air rebusan sayur. Namun khusus untuk pare, Anda bisa menghilangkan rasa pahit dnegan trik lainnya, yakni mencampur garam pada potongan pare dan meremas-remas hingga lemas. Setelah didiamkan beberapa saat, Anda bisa mengolahnya.

Mencampur daun jambu biji

Ambil beberapa lembar daun jambu biji, remas-remas dan rebus bersama sayuran yang pahit. Daun jambu akan membantu menetralisir rasa pahit sayuran.

Mencampur dengan sayuran lain

Untuk menghilangkan rasa pahit sayuran, Anda bisa mencampur dengan sayuran lain, misalnya daun pepaya dengan daun singkong. Setelah direbus, Anda bisa memerasnya hingga rasa pahit larut bersama air perasan.

Gunakan lempengan tanah liat

Lempengan tanah liat akan membantu menetralisir rasa pahit sayuran. Caranya dengan menambahkan tanah liat pada air rebusan sayur. Untuk lempengan tanah liat, Anda bisa mendapatkan dengan mudah di pasar tradisional.
Semoga tips dan trik diatas dapat membantu Anda dalam mendapatkan manfaat dan khasiat sayur-sayuran yang kaya gizi.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »