sss

Tips Menghilangkan Getah Nangka yang Membandel

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah nangka khan? Yup, buah dengan aroma khas yang menggoda ini memang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain bisa dinikmati langsung, nangka bisa juga dijadikan jus, campuran es, atau campuran kue. Ternyata, nangka tidak hanya dikonsumsi sebagai buah saat tua, karena saat masih muda juga bisa diolah menjadi aneka masakan yang menggugah selera.

Beberapa jenis masakan dari buah nangka muda bisa dibilang cukup populer, diantaranya : Gudeg, Lodeh, oseng, dan lain sebagainya. Sayangnya ada sebagian orang yang merasa enggan atau malas mengolah buah nangka karena memiliki getah lengket dan membandel.  Jika getah nangka menempel pada baju, maka akan melekat kuat dan sulit dihilangkan meskipun sudah direndam.
Mengupas dan merawat Nangka membutuhkan trik cerdas agar terhindar dari getah yang lengket dan membandel. Apa sajakah itu, Intips saja informasi berikut ini :

•    Gunakan Minyak goreng

Agar getah tidak lengket di tangan saat mengupas atau memotong nangka. Anda bisa mengolesi tangan, pisau dan talenan menggunakan minyak goreng. Dijamin dech, getah tak akan berani menempel lagi.

•    Alasi dengan plastik

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar getah nangka tidak menempel di tangan adalah dengan menggunakan kaus tangan dari plastik. Sementara itu untuk melindungi talenan, Anda bisa mengalasi talenan dengan plastik/karton.
Jika terlanjur terkena getah Nangka, maka segera lakukan hal berikut ini :

•    Taburkan tepung kanji

Untuk menghilangkan getah nangka yang menempel, Anda bisa langsung menaburkan tepung kanji pada tangan, pisau dan talenan. Gosok perlahan hingga getah mengelupas dan Anda bisa mencuci bersih menggunakan sabun.

•    Oleskan minyak goreng

Oleskan minyak goreng pada tangan, pisau dan talenan yang lengket oleh getah nangka. Gosok perlahan, getah akan hilang dengan sendirinya dan Andapun bisa membilasnya menggunakan sabun.

•    Remas sarung pelindung biji

Khusus untuh getah nangka yang sudah matang, Anda bisa menghilangkan getahnya dengan cara meremas sarung pelindung biji nangka yang sudah mengandung air dan minyak alami. Dijamin getah akan bersih dengan mudah dan cepat.

•    Oleskan minyak tanah

Minyak tanah juga paling ampuh untuk menghilangkan getah nangka dari tangan, pakaian, atau benda-benda lainnya. Oleskan secara merata pada bagian yang terkena getah sambil digosok perlahan, kemudian Anda bisa mencuci dengan sabun hingga bersih dan tidak bau minyak lagi.
Dengan trik cerdas diatas, getah nangka pasti bukan lagi alasan untuk menikmati manfaat buah nangka dan berbagai olahan nangka muda yang nikmat dan menggugah selera. Selamat mencobaa!

Loading...
loading...
Previous
Next Post »