sss

Cara Menjaga Selada agar Segar dan Tetap Renyah

Selada merupakan sayuran pelengkap dalam beberapa kuliner, diantaranya : gado-gado, tahu campur, dan lain sebagainya. Meski demikian, selada juga bisa diolah menjadi aneka masakan, diantaranya : tumis, sup, dan lainnya. Kesegaran selada membuat penampilan masakan semakin menarik dan rasanya yang renyah semakin meningkatkan selera makan. Sayangnya, proses penyimpanan yang tidak benar membuat selada mudah layu, busuk atau berkurang kerenyahannya. (Cara Membuat Kaldu Ayam yang Lezat dan gurih)


Untuk menjaga agar selada tetap segar dan renyah, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara memilih dan memperlakukan selada yang baik. Agar tidak salah langkah, baiknya simak cara memilih dan memperlakukan selada agar terjaga kesegaran dan kerenyahannya  berikut ini :

Memilih selada yang berkualitas

Saat membeli selada, pastikan Anda memilih selada yang terbungkus dalam kemasan yang rapi. Jangan beli selada yang kemasannya sobek atau rusak, karena kondisinya pasti tidak segar lagi/mudah layu.

Cuci dalam air mengalir

Sebelum digunakan, cuci selada sampai bersih kedalam air mengalir. Terlebih dahulu, potong daun selada dari bonggolnya, lalu cuci hingga bersih dalam air mengalir.

Rendam selama dalam air dingin

Agar selada tetap terjaga kesegaran dan kerenyahannya, Anda bisa merendam selada kedalam air dingin selama 5-10 menit.

Tiriskan hingga bebas air

Setelah proses perendaman, Anda bisa mengangkat daun selada. Tiriskan hingga airnya kering agar selada tidak mudah busuk/berubah warna coklat. Selada bisa langsung digunakan dalam masakan.

Menyimpan selada

Jika Anda berniat menyimpan selada, ada baiknya Anda membalut 2-3 lembar selada dengan tissue gulung. Lalu masukkan gulungan tissue yang berisi selada ke dalam plastic dan tutup dnegan rapat. Cara tersebut akan menjaga kesegaran dan kerenyahan selada dan membuatnya tidak mudah busuk.
Mudah sekali bukan? Semoga cara menjaga selada agar tetap segar dan renyah diatas dapat bermafaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »