sss

Tips Cerdas Menyimpan Kue Kering agar Tetap Renyah dan Tahan lama

Lebaran hampir tiba, para ibu pasti sudah mulai sibuk membuat kue kering untuk menyambut para tamu atau keluarga yang datang. Saat lebaran, kue kering memang menjadi primadona tersendiri bagi semua keluarga, karena rasanya enak, bentuknya menarik, lebih awet, dan mudah disajikan.  Kue kering yang cukup terkenal saat lebaran, antara lain : kue semprit, nastar, kastengel, lidah kucing, dan lain sebagainya.(5 Masalah yang Sering Dihadapi Saat Mudik Lebaran)


 
Ternyata dibalik keistimewaan aneka kue kering tersebut, terdapat kelemahan yang mesti diantisipasi, yakni : kue mudah melempem dan tidak renyah. Sayang banget bukan, kue yang seharusnya memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih, jadi tidak menarik gara-gara melempem/tidak renyah lagi. Kira-kira apa ya penyebab kue kering jadi tidak renyah saat disantap? Ternyata kue kering bisa berkurang kerenyahannya/melempem karena cara penyimpanan yang tidak benar.
Nah, agar kue kering tetap awet renyah dan nikmat saat disantap, simak Tips Cerdas Menyimpan Kue Kering agar Tetap Renyah dan tahan lama berikut ini :

Dinginkan Sebelum menyimpan kue

Ketika kue baru saja diangkat dari oven, jangan langsung dimasukkan dalam toples ya, tapi dinginkan/angin-anginkan lebih dulu agar uapnya hilang dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa menyusunnya dalam toples.

Gunakan toples kedap udara

Pemilihan toples untuk menyimpan kue kering juga harus diperhatikan agar kue tetap renyah dan tahan lama. Pastikan memilih toples yang kedap udara, karena kue kering tetap terjaga kerenyahannya. Jangan lupa untuk selalu menutup rapat kue setelah mengambil ya!

Simpan kue di wadah yang kering

Sebelum menyimpan kue dalam toples, pastikan kalau toples yang Anda gunakan dalam kondisi kering dan bersih. Karena toples yang basah/kotor membuat kue mudah melempem dan cepat berjamur.

Hindarkan kue dari bahan-bahan beraroma menyengat

Setelah kue kering favorit Anda tersusun rapi di toples, pastikan Anda menyimpan di tempat yang kering dan jauh dari bahan-bahan beraroma menyengat, misalnya : detergent, durian, terasi, bawang, dan lain sebagainya. Kalian pasti tidak mau khan kalau aroma dan rasa kue favorit Anda terkontaminasi bahan-bahan tersebut?
Setelah mengetahui tips diatas, Anda tidak perlu khawatir lagi kue kering kesayangan Anda menjadi tidak renyah atau melempem. Selamat menikmati moment lebaran yang istimewa ya!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »