sss

Tips Memasak Babat Sapi Agar Empuk dan Nikmat

Babat merupakan bagian dari perut sapi yang menyimpan ampas makanan. Biasanya babat diolah menjadi berbagai makanan yang menggugah selera, diantaranya : soto babat, babat goring, babat gongso, dan lain sebagainya. Mengolah babat tidaklah mudah, karena banyak hal yang harus diperhatikan agar babat bisa menjadi olahan yang nikmat, diantaranya : kebersihan, aroma, tekstur yang alot, dan lain sebagainya.
Penangangan khusus harus dilakukan untuk mengolah babat, diantaranya :

•    Proses pembersihan

Cuci bersih babat, kemudian rendam babat kedalam air mendidih. Sikat dan kerik lapisan dalam pada babat hingga bersih. Rendam dalam air kapur sirih sebentar, remas-remas babat untuk menetralkan bau tidak sedap pada babat, lalu bilas kembali hingga bersih.

•    Menghilangkan aroma tidak sedap pada babat

Sebelum diolah menjadi makanan sesuai selera, ada baiknya Anda merebus babat bersama rempah-rempah, seperti : daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai hingga empuk.

•    Gunakan Panci presto saat merebus

Agar babat lebih cepat empuk dan nikmat, ada baiknya Anda merebus babat pada panci presto. Tidak perlu waktu lama, karena dengan panci presto, babat akan empuk dalam waktu sekitar 30 menit. Buang air rebusan babat, kemudian babat bisa dilah sesuai selera.
Jika Anda tidak memiliki panci presto, Anda bisa merebus babat dalam panci biasa selama sekitar 2 jam. Agar cepat empuk, tambahkan segenggam beras yang sudah dicuci hingga bersih. Lalu cuci babat sebelum diolah menjadi makanan yang menggugah selera.

•    Olesi babat dengan parutan nanas

Cara lain yang bisa dilakukan agar tidak perlu merebus babat dalam waktu lama adalah dengan mengoleskan parutan nanas pada babat, diamkan selama 30 menit, kemudian cuci babat hingga bersih, baru dech rebus dengan rempah-rempah.

•    Memasak babat sesuai selera

Setelah serangkaian proses diatas, babat siap diolah menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Jika ingin mengolah babat sebagai makanan berkuah, gunakan air baru untuk merebusnya kembali ya! Jika ingin membuat babat goring, Anda tinggal merendam dalam bumbu celup terus digoreng sebentar. Sep dech, mudah dan praktis bukan, jadi tidak ada alasan untuk malas memasak babat.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »