sss

Tips Memilih Beras yang Sehat dan Berkualitas

Beras termasuk salah satu makanan pokok dan hampir bisa dikatakan wajib untuk masyarakat Indonesia. Berbagai jenis beras banyak beredar di masyarakat, sayangnya ada sebagian pedagang curang yang mencampur beras dengan bahan kimia berbahaya, misalnya : pemutih, aroma palsu dan lain sebagainya. Selain itu, demi mendapatkan untung besar, sebagian pedagang rela mengoplos beras, bahkan yang terbaru ini ada pedagang yang rela menjual beras plastic. Hem.. ngeri banget khan?
Nah, sebagai ibu yang cerdas, yuk lebih teliti dalam membeli bahan yang akan dikonsumsi keluarga. Jangan tergiur harga murah, tapi justru mengancam kesehatan keluarga tercinta. Baik tidak selalu harus mahal, tapi juga bukan barang murahan. Nah, agar tidak salah pilih beras, Dapuronlineku akan membagikan tips memilih beras yang sehat dan berkualitas berikut ini :

•    Perhatikan penampilan beras

Sebelum membeli beras, pastikan Adna memperhatikan penampilannya. Pilih beras yang bersih, bebas kerikil, kutu dan kotoran. Pilih beras yang berwarna bening agak kekuningan. Hindari memilih beras terlalu putih, karena dikhawatirkan mengandung pemutih berbahaya.

•    Cium aroma beras

Pastikan Anda tidak membeli beras yang berbau apek, karena bau tersebut menandakan beras sudah lama disimpan. Selain itu, hindari beras yang terlalu wangi, karena bisa jadi beras tersebut mengandung pewangi buatan.

•    Perhatikan tekstur beras

Pastikan ketika beras ditekan tidak mudah patah atau hancur, karena beras tersebut kondisinya sudah tidak baik.

•    Remas beras

Remas beras pada tangan Anda yang kering, jika beras banyak yang menempel pada tangan Anda, berarti beras tersebut mengandung zat pelicin.
Ternyata banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli beras ya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua dan kita terhindar dari membeli beras yang salah untuk keluarga tercinta.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »