sss

Tips Mengolah Kikil Agar Empuk dan Tidak Bau

Pernahkah Anda mencicipi olahan kikil? Kikil merupakan bagian dari kaki sapi yang berupa tulang berlapis kulit tebal. Biasanya olahan kikil juga dicampur bagian tubuh sapi yang lain, seperti : hidung dan telinga sapi. Olahan kikil yang paling populer adalah Lonthong kikil. Menikmati lonthong kikil akan lebih nikmat jika ditambah perasan jeruk nipis dan sambal. Hem, rasanya makin segar dan dijamin bikin ketagihan. (Cara membuat Kentang goreng Yang enak dan Crispy)

Bagi pecinta kuliner, Olahan kikil pasti termasuk salah satu favorit, karena memang rasanya luar biasa nikmat. Perpaduan rasa gurih, kenyal dan kuah rempah yang menggoda, membuat beberapa orang ingin mencoba mengolahnya sendiri di rumah. Sayangnya mengolah kikil tidaklah semudah yang dibayangkan, karena salah langkah akan membuat kikil alot/keras dan bau.(Tips dan Trik Agar Sayuran Tidak Pahit saat Dimasak)
Mengolah kikil butuh kesabaran ekstra hingga kikil bisa empuk dan menjadi olahan yang nikmat dan menggugah selera. Agar tidak salah langkah, simak tips mengolah kikil agar empuk dan tidak bau berikut ini :

Membersihkan kikil

Bersihkan kikil dengan cara merendamnya ke dalam air mendidih. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan seperti biasa. Jika ada bulu yang tersisa, Anda bisa menghilangkannya dengan pisau.

Rebus kikil dan buang air rebusannya

Rebus kikil dengan air biasa hingga empuk. Agar lebih cepat, Anda bisa merebus kikil dalam panci presto selama kurang lebih 1 jam. Namun jika menggunakan panci biasa, Anda bisa mendapatkan kikil yang empuk setelah 2-3 jam. Setelah itu, buang air rebusannya agar olahan kikil tidak bau.

Tiriskan kikil

Jika kikil masih bau menyengat. Setelah perebusan pertama, Anda bisa meniriskan kikil dan menyiramnya dengan air bersih agar sisa bau hilang. Baru setelah itu, kikil bisa diproses menjadi masakan sesuai selera.

Bumbui kikil

Gunakan perpaduan bumbu dasar dan rempah-rempah yang khas agar olahan kikil lebih nikmat dan menggugah selera, misalnya : bawang putih, kunyit, ketumbar, daun salam, daun jeruk purut, dan lainnya.

Sajikan Kikil

Kikil paling nikmat jika disantap bareng lonthong. Untuk menambah kelezatan kikil. Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng dan air perasan jeruk nipis serta sambal.
Memasak kikil sendiri cukup mudah khan? Jika bisa membuat olahan kikil sendiri, kenapa harus beli! Semoga informasi tentang cara mengolah kikil yang empuk dan tidak bau diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »