Loading...
sss

Kenali Lima Ciri-Ciri Tahu Berformalin

Tahu termasuk bahan makanan kaya protein yang banyak dikonsumsi maasyarakat, karena harganya murah dan mudah didapatkan. Namun, penggemar tahu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan kesukaannya, karena bisa jadi tahu yang dianggap sumber protein justru meracuni tubuh karena kandungan formalin didalamnya. Hem, apa itu formalin? Formalin memiliki sifat mengawetkan dan mematikan bakteri, sehingga banyak digunakan sebagai pengawet jenazah atau bahan organic di laboratorium. Hem, mengerikan sekali ya!
Formalin memiliki harga yang murah dan mudah diperoleh sehingga banyak dimanfaatkan untuk pengawet makanan, salah satunya tahu. Tahu mudah sekali rusak jika diletakkan pada suhu terbuka, namun dengan formalin, tahu tetap dalam kondisi baik hingga beberapa hari lamanya. Selain itu, dengan menambahkan formalin pada tahu maka tahu akan terasa lebih gurih dan mudah mengembang. Meski demikian, makanan berformalin dapat merusak kesehatan, diantaranya gangguaan hati atau lever, penyakit ginjal, otaak dan kanker. Nah, agar tidak terjebak membeli tahu berformalin, ada baiknya Anda simak ciri-ciri Tahu Berformalin berikut ini : (Cara Masak Genjer dan Manfaatnya untuk Kesehatan)

Ciri-ciri Tahu Berformalin :

•    Dilihat dari baunya

Tahu bebas formalin  memiliki bau khas kedelai, sementara itu, tahu berformalin tidak berbau khas kedelai tapi berbau menusuk khas formalin. (Makanan Halal tapi Merugikan Kesehataan)

•    Warna tahu

Tahu berformalin memiliki warna yang lebih putih dan terlihat licin mengkilat, sehingga lebih menarik. (Jangan Remehkan Kulit Telur, Ini Manfaatnya)

•    Dilihat dari teksturnya

Tahu yang mengandung formalin jika dipotong bagian dalamnya akan terlihat berongga, sementara yang bebas formalin akan terlihat padat dan halus. Selain itu tahu berformalin jika ditekan akan lebih kenyal dan sulit hancur, sementara tahu bebas formalin mudah hancur.  (Bersihkan Usus dengan 7 Buah-Buahan Ini)

•    Ketahanannya

Tahu berformalin kondisinya akan tetap baik meskipun sudah 3 hari di suhu kamar atau  15 hari pada suhu kulkas. (Info Kumpulan Sampel Gratis dan Kuis Berhadiah)

•    Penampilan setelah digoreng

Setelah di goreng, tahu berformalin akan memiliki ciri-ciri khas tersendiri, yakni : bagiaan kering akan terlihat mengeras dan liat. Sebaliknya tahu yang tidak mengandung formalin, jika digoreng maka bagian keringnya akan renyah dan empuk.
Hem mengerikan sekali bukan? Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih Tahu yaa..  Jika ingin menyimpan tahu agar lebih awet, pastikaan merebus atau mengukus tahu terlebih dahulu. Selain itu, Anda bisa merendam tahu dalam air panas sehingga tahu tidak mudah rusak, berjamur atau berlendir. Semoga informasi yang berjudul Kenali Ciri-Ciri Tahu Berformalin diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
sumber : okezone, liputan6
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...