sss

Rahasia Sehat Mencuci dan Merebus Ayam agar Bebas Bakteri

Dapuronlineku - Sebelum mengolah ayam, Anda pasti akan mencucinya terlebih dahulu bukan? Tahukah Anda jika mencuci ayam dalam kondisi mentah dapat meningkatkan risiko daging ayam mengalami kontaminasi silang bahan pangan. Oleh karena itu, pastikan mencuci daging ayam mentah dengan cara yang benar. Selain cara mencuci, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan agar ayam terhindar dari kontaminasi bakteri, yakni saat merebus. Kebanyakan orang merebus ayam langsung dengan air panas, atau pada saat air sudah mendidih. Padahal cara tersebut sangat berisiko terkontaminasi bakteri. Nah, agar tidak salah langkah, simak Cara Sehat Mencuci dan Merebus Ayam agar Bebas Bakteri berikut ini :

Risiko mencuci ayam dalam kondisi mentah

Sebuah studi yang dilakukan oleh badan standarisasi makana di Inggris menyebutkan jika mencuci ayam mentah dapat meningkatkan penyebaran bakteri Campylobacter yang bisa memicu keracunan. Bacteri tersebut bisa menyebar dengan cepat dan menyebabkan penyakit, karena itu pastikan mencuci bersih benda-benda yang bersentuhan dengan daging ayam mentah.

Cara mencuci ayam mentah

Mencuci ayam tetap harus dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada daging ayam. Agar tidak terjadi kontaminasi silang, pastikan mencuci ayam tidak bersama bahan makanan lain, misalnya sayuran, ikan, dan lainnya. Sebelum mencuci ayam, pastikan bersihkan peralatan masak yang berhubungan dengan ayam, misalnya : pisau, talenan, baskom, wastafel, dan lainnya. Cuci ayam dengan air mengalir hingga bersih, baru kemudian tiriskan.

Cara Merebus ayam yang benar agar terbebas dari bakteri

Merebus ayam yang benar adalah menggunakan air dingin. Jadi, waktu memasukkan ayam bukan pada saat air mendidih, tapi pada  saat air masih dingin. Kenapa demikian? Seperti yang kita tahu, daging ayam mudah terkontaminasi bakteri, dengan memasukkan ayam pada air dingin dapat memberi kesempatan agar kuman dan sisa kotoran bisa keluar melalui pori-pori kulit. Dengan begitu, hasil olahan ayam Anda akan lebih sehat dan pastikan bebas dari kontaminasi bakteri yang membahayakan kesehatan keluarga. Jadi jangan salah lagi ya, masukkan ayam pada air yang masih dingin, baru kemudian nyalakan apinya dan rebus ayam hingga empuk.
Setelah mengetahui Rahasia Sehat Mencuci dan Merebus Ayam agar Bebas Bakteri diatas pastikan Anda tidak salah langkah lagi yaa…Semoga bermanfaat!

Baca Artikel Keren Lainnya :

7 Hal Sepele Ini Sebabkan Masakan Tidak Enak
AWAS, ADA RACUN DALAM 7 BAGIAN AYAM INI
Rahasia Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan
Cara Masak Mie Instan Lebih Sehat dan Nikmat
Tips dan Trik Memasak Jengkol yang Empuk dan Tidak Bau
Tips Memasak Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk dan Nikmat
Cara Membuat Kreco Bumbu Serapah, Kudapan Khas Kota Surabaya
Loading...
loading...
Previous
Next Post »