Loading...
sss

7 Hal Sepele Ini Sebabkan Masakan Tidak Enak

Dapuronlineku  -  Pernahkah Anda merasa kecewa ketika masakan  yang sudah diolah dengan sepenuh hati, ternyata hasilnya kurang sempurna. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar masakan bisa tersaji dengan sempurna, misalnya  : takaran  bumbu dan bahan, cara memperlakukan dan mengolah bumbu, waktu yang tepat memasukkan  bahan,  dan lain  sebagainya. Meski sepele, namun bukan  berarti Anda bisa mengabaikannya, karena dapat menyebabkan masakan tidak enak. Hem, penasaran, apa hal sepele tersebut? Agar lebih jelasnya, simak  6 Hal Sepele Ini Sebabkan Masakan Tidak Enak berikut ini  :

1.    Tumis bawang putih

Bawang putih termasuk satu bumbu yang wajib ada dalam masakan, karena tidak hanya memberikan aroma harum tapi rasanya juga jadi lebih lezat. Masak bawang putih termasuk hal yang perlu diperhatikan, karena jika gosong akan memicu rasa pahit dan merusak masakan.

2.    Diuleg atau diblender?

Memblender bumbu memang membuat acara masak jadi lebih mudah. Sayangnya banyak yang bilang jika bumbu yang diblender memiliki citarasa kurang nikmat. Berbeda dengan diuleg yang  lebih sedap dan nikmat. Tapi hal itu  tidak sepenuhnya benar karena ada trik untuk menyiasati agar bumbu blender bisa seenak bumbu uleg yakni  :  dengan menumis bumbu  setengah matang baru diblender, memarkan  bumbu lebih dulu sebelum diblender atau dengan menambahkan  minyak goreng pada bumbu  yang diblender.

3.    Masak santan

Memasak santan harus  mendapatkan perhatian khusus agar hasilnya bisa sempurna dan tidak pecah. Caranya : masak santan dalam api sedang, aduk-aduk  santan agar tidak pecah, dan masukkan santan kental pada step  terakhir memasak.

4.    Kemiri mentah atau disangrai?

Kemiri termasuk satu bumbu dengan manfaat yang sangat special, karena membuat masakan terlihat  kental alami. Kemiri dapat membuat santan tidak mudah pecah dan mengikat bumbu sehingga  penampilan masakan jadi lebih menarik. Untuk mendapatkan rasa dan aroma kemiri yang pas banget, pastikan tidak langsung menghaluskan kemiri, tapi sangrai terlebih dahulu agar lebih mantap.

5.    Buang biji cabai 

Saat memasak, sebagian orang memilih  membuang biji cabai. Membuang biji cabai dapat mengurangi rasa pedas, karena yang membuat cabai pedas bukan kulitnya tapi bijinya. Karena itu, pastikan ikut mengulek biji cabai agar hasil masakan lebih nikmat.

6.    Masak bumbu hingga matang

Agar hasil masakan lebih nikmat sempurna, pastikan Anda menumis bumbu hingga matang atau tanak. Bumbu yang kurang matang akan menimbulkan aroma dan citarasa yang kurang sedap.

7.    Mengolah cumi

Jika beberapa bahan lainnya harus dimasak  lebih lama agar empuk, sebaliknya dengan cumi-cumi. Karena untuk mendapatkan olahan cumi yang empuk dan tidak alot, dibutuhkan waktu memasak yang sangat singkat. Terlalu lama memasak justru menyebabkan daging cumi terasa  keras dan alot.
Setelah membaca artikel yang berjudul  7 Hal Sepele Ini Sebabkan Masakan Tidak Enak diatas, semoga Anda semakin memahami bagaimana cara membuat masakan yang enak dan sempurna.

Baca Artikel Keren Lainnya

Awas! Ada Racun yang Berbahaya dalam 7 Bagian Ayam Ini
 Cara Membuat Telur Dadar yang Tebal dan Nikmat
7 Rahasia Agar Nasi Goreng Nikmat Sempurna
Tips Memasak Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk dan Nikmat
Tips dan Cara Memasak Ceker yang Nikmat dan Empuk hingga ke Tulang
Loading...
loading...
Previous
Next Post »
Loading...