sss

Tips dan Cara Memasak Ceker yang Nikmat dan Empuk hingga ke Tulang

Dapuronlineku - Ada yang suka menikmati sensasi kelezatan Ceker yang super pedass? Olahan ceker memiliki banyak peminat, hal itu bisa dibuktikan dari menjamurnya kedai maupun rumah makan yang menjadikan ceker sebagai menu andalannya, misalnya : warung ceker ayam Lapindo, Ceker setan Malang, Ceker mercon dan lain sebagainya. Mungkin tidak semua orang tahu, apa sich yang istimewa dari ceker ayam? Jangan pernah menganggap remeh Ceker ayam, karena didalamnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain : zat colagen,kartilago, vitamin, protein, lemak, mineral penting (kalium, zat besi, fosfor, kasium dan tembaga). 
Ceker bisa diolah menjadi beragam kudapan  yang lezat, diantaranya : ceker balado, ceker pedas manis, ceker tulang lunak, Ceker asam manis, sup ceker, mie ayam ceker, ceker krispy, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat mudah, sayangnya tak semua orang berhasil membuat olahan ceker yang  nikmat dan empuk hingga ke tulang. Ingin tahu rahasianya? Simak Tips dan Cara Memasak Ceker yang Nikmat dan Empuk hingga ke Tulang berikut ini :

1.    Bersihkan dan kuliti ceker

Sebelum dimasak, pastikan Anda membersihkan ceker ayam dari kotoran, kuku dan kulit luarnya. Kesulitan membuang kulitnya? Rendam sebentar dalam air panas, kemudian kupas kulit luarnya hingga bersih.

2.    Rebus Ceker ayam

Agar ceker ayam empuk hingga ke tulang, Anda bisa merebusnya dalam waktu lama. Jika ingin yang praktis dan simple, Anda cukup gunakan panci presto. Dijamin dech, hasilnya bakal empuk hingga ke tulang. Agar cita rasa ceker semakin mantab, Anda bisa merebus ceker dengan air kelapa.

3.    Buang air rebusan pertamanya

Setelah direbus, Anda bisa  membuang air rebusannya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau atau aroma yang kurang sedap dan meminimalisir kadar lemak.

4.    Bumbui Ceker

Setelah proses perebusan, kini saatnya Anda memutuskan ingin membuat olahan apa? Pilih bumbu-bumbu yang berkualitas agar hasil olahan ceker Anda semakin mantaab.

5.    Tambahkan bumbu khusus agar aroma ceker tidak amis

Adakalanya olahan ceker terasa amis dan tidak nikmat. Untuk meminimalisir bau amis ceker, Anda bisa menambahkan bahan-bahan penghilang bau amis, misalnya : daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, dan lain sebagainya.

6.    Resep Ceker Setan yang nikmat

Meski namanya ceker setan, tapi bukan berarti penampilan dan rasanya menyeramkan. Justru olahan ceker yang satu ini, dijamin membuat lidah dan bibir Anda bergoyang kenikmatan. Perpaduan rasa pedas, manis, gurih dan empuknya daging ceker memang emberikan sensasi yang luar biasa nikmat. Ingin membuatnya sendiri di rumah?  Simak resepnya berikut ini :

Bahan Ceker Setan

  • 1 kg ceker, kuliti dan bersihkan
  • 1 siung bawang bombay (Iris kasar)
  • Cabai merah, iris serong
  • 250 ml kecap manis
  • 2 lbr Daun jeruk purut
  • 2 br Daun salam
  • 2 ltr Air kelapa untuk merebus

Bumbu yang dihauskan :

  • 10 siung Bawang merah
  • 5 bh Bawang putih
  • 50 gr Cabai Rawit, iris
  • 1 sdm lada hitam
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • air secukupnya 

Cara Memasak Ceker Setan

  1. Panaskan panci presto, masukkan air kelapa, ceker, dan jika peru tambahkan air secukupnya.  Masak hinga empuk, matikan.
  2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam dan daun jeruk serta cabai  iris
  3. Masukkan ceker, kecap dan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap dan mengental.
  4. Tamb ahkan bawang Bombay iris, aduk-aduk hingga merata
  5. Tambahkan garam  dan gula pasir, aduk-aduk hingga bumbu menyusut dan kering. Matikan
  6. Ceker setan siap disajikan hangat-hangat.

Hem…. Baru membayangkan saja, air liur langsung menetes. Ternyata membuat olahan ceker yang nikmat dan empuk hingga ke tulang tidaklah sulit yaa… Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Memasak Ceker yang Nikmat dan Empuk hingga ke Tulang dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Tips Keren Lainnya

7 Rahasia Agar Nasi Goreng Nikmat Sempurna
Cara Membuat Kreco Bumbu Serapah, Kudapan Khas Kota Surabaya
Tips dan Trik Memasak Jengkol yang Empuk dan Tidak Bau
Resep Serundeng Tongkol yang Nikmat dan Menggugah Selera
Cara Memasak Pare Enak dan Menggugah Selera
Loading...
loading...
Previous
Next Post »