sss

Tips dan Cara Menyimpan Tempe Agar Tidak Cepat Busuk dan Bau

DapurOnlineku - Tempe termasuk makanan kaya protein paling murah dan rasanya juga enak. Karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang menjadikan tempe sebagai lauk sehari-hari. Meski mudah didapatkan, namun kebanyakan orang membeli tempe dalam jumlah banyak untuk stock hari berikutnya. Padahal tempe termasuk bahan yang mudah busuk dan bau jika tidak disimpan dengan benar. Tempe busuk tentu tidak enak jika digoreng, karena rasanya jadi tidak gurih lagi. Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan tempe busuk untuk campuran masak sayur lodeh atau sambal tumpang.  Tapi jika Anda hanya suka tempe goreng, maka pastikan menyimpan tempe dengan benar. Resep dan Cara Membuat Telor Daging Bumbu Bali Yang Simpel Tapi Lezatnya Menggugah Selera
tempe enak
Nah, agar tempe tidak cepat busuk dan bau, simak tips dan cara menyimpannya berikut ini : Telur Gulung Jajanan Anak SD yang Populer, Ini Resep dan Cara Membuatnya

•    Pilih tempe yang fresh/baru matang/setengah matang

Ketika membeli tempe, pastikan memilih tempe yang fresh/baru matang atau masih setengah matang jika ingin disimpan untuk dimasak besuk. Tempe segar memiliki cirri : hangat saat disentuh, jamurnya masih putih bersih dan tidak cokelat/kehitaman, dan baunya khas kedelai.

•    Simpan tempe kedalam freezer

Tempe disimpan dalam freezer akan membuat proses fermentasi berhenti sehingga kondisinya akan tetap segar dan tidak busuk. Saat akan mengolah tempe, diamkan dulu dalam suhu ruang baru kemudian goreng seperti biasa.

•    Diungkep

Cara lain yang bisa dilakukan agar tempe tetap gurih dan tidak busuk adalah dengan mengiris tempe lalu mengungkep/merebus dengan bumbu celupan, seperti : kunyit, bawang putih, ketumbar dan garam. Cara ini membuat bumbu meresap ke temped an tempe tidak akan busuk/bau.

•    Rendam dalam air kelapa

Cara simple untuk mencegah tempe busuk dan bau adalah dengan merendam dalam air kelapa. Air kelapa tidak hanya mengawetkan, tapi juga memberikan citarasa tersendiri pada tempe.

•    Dikukus

Selain direbus, Anda juga bisa mengukus tempe sebelum menyimpannya. Cara ini juga membantu menghentikan proses fermentasi sehingga tempe tidak busuk/bau. Setelah dikukus, Anda bisa menyimpannya kedalma kulkas.
Ternyata untuk menyimpan tempe agar tidak cepat busuk dan bau sangatlah mudah ya. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Menyimpan Tempe Agar Tidak Cepat Busuk dan Bau diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »