sss

Cara Memilih dan Menyimpan Bayam yang Benar Agar Segar Lebih Lama

Dapuronlineku - Bayam termasuk sayuran yang kaya nutrisi dan bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera. Sayang sekali, bayam mudah sekali layu dan berkurang kesegarannya, padahal saat bayam layu, maka sebagian nutrisinya akan hilang. Selain itu, bayam yang layu juga memiliki rasa dan tekstur yang kurang nikmat, misalnya : lebih lembek, berlendir dan tidak renyah. Nah, disini kita akan membagikan informasi tentang Cara Memilih dan Menyimpan Bayam yang Benar Agar Segar Lebih Lama.

Kandungan nutrisi dalam bayam

Dalam bayam terdapat kandungan nutrisi yang beragam, diantaranya : Vitamin A, B6, C, K, serat, zat besi, lutein, asam folat, dan magnesium. Dari beragam kandungan nutrisinya tersebut, tak heran jika bayam termasuk sayuran yang banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhna nutrisi keluarga.

Cara memilih dan menyimpan bayam agar segar dan tidak cepat layu

Beli bayam yang segar

Pilihlah bayam yang baru dipetik oleh petani lokal, karena akan lebih segar dan tahan lama dibandingkan pada pedagang sayur keliling.

Memilih bayam

Pilih bayam yang masih muda, daun yang berukuran besar dan utuh, batangnya berwarna hijau cerah dan segar. Hindari memilih bayam yang berwarna pucat dan kekuningan, lembek, basah atau ada bintik-bintik hitam.

Jangan cuci saat menyimpan

Mencuci bayam akan membuat bayam mudah busuk, karena itu setelah dipetik, Anda bisa langsung membungkus bayam. Namun apabila bayam dalam kondisi yang kotor, Anda bisa mencucinya, tapi jangan lupa untuk mengangin-anginkan bayam hingga kering sebelum disimpan.

Pilih bungkus yang tepat

Memilih pembungkus yang tepat dapat membantu bayam segar lebih lama. Pilih bungkus kertas dapur, baru kemudian masukkan kedalam plastik. Baru dech simpan dalam kulkas. Bayam yang disimpan dengan baik akan tetap segar hingga 5-7 hari.

Mengolah bayam

Bayam bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, misalnya : salad, sup, sandwich, toping pizza, keripik bayam, tumis, dan lainnya.

Tips mengolah bayam segar

Jika bayam ingin langsung diolah, Anda bisa mencuci bayam yang masih utuh dibawah air mengalir hingga bersih dan bebas pestisida. Hindari merendam bayam dalam air terlalu lama, karena dapat menghilangkan nutrisinya.
Dengan memilih dan menyimpan bayam yang baik sebagaimana diatas, diharapkan Anda bisa mendapatkan nutrisi dan juga tekstur yang lezat dari sayur bayam. Semoga bermanfaat.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »